PKBSI Butuh SDM Kompeten

Pelantikan pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) periode 2018-2023 di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (15/2/2019).

Bandung – Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah mengatakan, sebuah organisasi memiliki kompleksitas tantangan sesuai zamannya, mulai dari masalah yang sederhana hingga paling rumit.

“Guna membangun organisasi PKBSI sebagai satu-satunya wadah insan perkebunbinatangan di Indonesia, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) dalam kepengurusan yang kompeten sesuai kapasitas dan keahlian,” ucapnya

Menurut Rahmat, para pengurus harus menjunjung kekompakan dan dapat bekerjasama dengan solid, menjalin komunikasi dan informasi yang saling terbuka serta harus saling bersinergi antara satu bidang dengan bidang lainnya.

“Pengurus harus PKBSI senantiasa responsif terhadap perubahan dan tuntutan zaman,” kata Rahmat, dalam acara pelantikan pengurus periode 2018-2023 di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (15/2/2019).

Rahmat menyatakan, guna merespon perubahan-perubahan yang terjadi maka dibutuhkan keseragaman gerak antara induk organisasi dengan seluruh elemen anggotanya, sehingga terciptanya pola kerja yang sinergis antara keduanya.

“Pembinaan kepada anggota dalam berbagai bentuk kegiatan dan peningkatan kapasitas SDM, menjadi program utama sekaligus sebagai pilar dalam menjalankan roda organisasi di dalam kepengurusan periode 2018-2023 ini,” jelasnya.

Rahmat menambahkan, sebagai implementasi kegiatan pembinaan organisasi, pihaknya akan langsung menetapan program yang mengacu pada rekomendasi hasil Munas PKBSI XIII November 2018 lalu dengan harapan pengelolaan Lembaga Konservasi (LK) yang menjadi sorotan masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri dapat diatasi.

“Kita sadari bahwa tanggungjawab kelestarian satwa ada di pundak kita bersama, untuk itu kita wajib bersungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab mengelola sumber daya alam keanekaragaman hayati yang kita miliki,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro