LK Benteng Terakhir Penyelamatan dan Pelestarian Satwa Langka

Ketua Umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah.

Bandung – Dewan Pengurus Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Lembaga Konservasi (LK)  atau Kebun Binatang atas capaian keberhasilan dalam membantu tugas pemerintah.

“Capaian yang telah dicapai LK antara lain meliputi kontribusi di bidang konservasi seperti, meningkatnya  populasi satwa melalui kelahiran satwa, keberhasilan breeding serta melakukan pelepasliaran,” ucap Ketua Umum PKBSI, Rahmat Shah, dalam Silaturahim Keluarga Besar PKBSI, Selasa (3/7/2019).

Menurut Rahmat, keberadaan LK juga berperan aktif secara sosial kultural melalui upaya mengangkat budaya khas dan kearifan lokal, sedangkan secara sosial ekonomi LK berperan nyata dalam  menyerap tenaga kerja dan pembukaan peluang usaha di wilayah setempat, termasuk melahirkan destinasi wisata baru sehingga mampu meningkatkan jumlah wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Taman Satwa & Kebun Binatang adalah benteng terakhir penyelamatan dan  pelestarian satwa langka yang merupakan  anugrah tak ternilai Tuhan YME, sekaligus menjadi warisan anak cucu generasi mendatang yang  wajib dijaga kelestariannya,” ujarnya.

Rahmat menyatakan, berbagai keberhasilan capaian kinerja LK yang menjadi anggotanya masih banyak yang belum terekspos secara terbuka dan diketahui secara efektif oleh publik secara luas, akibatnya, citra dan stigma terhadap keberadaan LK yang hanya dinilai sebagai tempat peragaan binatang yang abai terhadap kesejahteraannya masih mendominasi persepsi para pihak.

“Salah satu pekerjaan rumah prioritas yang harus segera dilakukan Dewan Pengurus PKBSI adalah menyeimbangkan citra LK yang lebih positif, meluruskan stigma buruk para pihak serta membangun persepsi publik yang lebih benar dan riil terkait LK.***


Rep: Suparno Hadisaputro