Pangdam III/Siliwangi Beri Pembekalan Bagi Paskibraka Jabar

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han) memberikan pembekalan kepada 36 orang Paskibraka Jawa Barat di Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Selasa (14/8/2018).

Bandung – Sebanyak 36 orang Paskibraka Jawa Barat mendapat pembekalan dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han)┬ádi Ruang Silihwangi Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Selasa (14/8/2018).

Ke-36 paskibraka tersebut berasal dari Kota Bandung, Cimahi, Kab. Bandung, Sumedang, Tasikmalaya, Cirebon, Subang, Purwakarta, Sukabumi dan Bekasi yang merupakan perwakilan masing-masing daerah di Jawa Barat.

“Setiap anggota Paskibraka harus memiliki rasa kebanggaan karena tidak semua orang mendapat kesempatan tersebut,” ucap Pangdam, di hadapan Paskibraka Provinsi Jabar, Selasa (14/8/2018).

Menurut Pangdam, tidak semua orang ditunjuk dan dipercaya untuk mengemban tugas sebagai pasukan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 di Provinsi Jawa Barat.

“Nilai-nilai filosofi dan makna dari Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih sangat mendalam dan ini sebagai simbol pemersatu bangsa,” tegasnya.

Pangdam berharap, para Paskibra bisa menjadi generasi penerus bangsa yang baik dan handal serta sebagai contoh generasi muda yang lain. Hal ini karena para Paskibra sudah digembleng dengan disiplin, semangat jiwa korsa yang tinggi, memiliki dedikasi dan kepribadian yang dapat diteladani serta saling mengisi dan saling memberi.

“Silih asih, asah dan asuh serta silih mewangi yang menjadi pedoman dari para Prajurit Siliwangi, begitu pula dengan anak-anak muda penerus bangsa harus memiliki kemampuan untuk membaca apa yang dilihat, apa yang dicium dan apa yg dirasa, diawali dengan membaca diri sendiri,” jelasnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung