Kota Bandung Siap Gelar Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah bersama Ketua LVRI Kota Bandung, Patmo pada Kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana no. 2, Selasa (14/8/2018).

Bandung – Persiapan peringatan ke-73 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Bandung semakin matang. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) juga telah siap melaksanakan tugasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Dodi Ridwansyah mengatakan, khusus untuk pengibar bendera, Dispora Kota Bandung telah merekrut siswa SMA/SMK untuk menjadi Paskibraka. Para siswa tersebut nantinya akan mengibarkan bendera Merah Putih di Balai Kota Bandung.

“Sebanyak 100 orang kita seleksi. Selain untuk Kota Bandung, ada juga siswa yang akan melaksanakan tugas di tingkat provinsi dan nasional,” ujarnya pada Kegiatan Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana no. 2, Selasa (14/8/2018).

“Diah Ganisa, siswa SMA 2 Bandung akan bertugas di tingkat provinsi. Sedangkan Tarisa Maharani Dewi dari SMAT Krida Nusantara Bandung akan bertugas di tingkat nasional,” lanjutnya.

Rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan dimulai dengan serah terima bendera di Gedung Sate pada 15 Agustus. Setelah itu, ada pengukuhan anggota Paskibraka. Sedangkan pada 16 Agustus, DPRD Kota Bandung akan menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung DPRD Kota Bandung.

Puncaknya, pada Jumat (17/8/2018) akan digelar upacara pengibaran bendera di Plaza balai Kota Bandung Jalan Wastukancana. Rencananya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menjadi pembina upacara. Sedangkan pembacaan teks Proklamasi oleh Dodi Ridwansyah dan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Edi Marwoto.

Berbagai unsur akan mengikuti upacara tersebut. Mulai dari para Aparatur Sipil Negara, Legiun Veteran Republik Indonesia, dan beberapa unsur masyarakat. Upacara juga akan dimeriahkan dengan beberapa kesenian khas Sunda.

Dodi mengungkapkan, di sore harinya, akan dilaksanakan upacara penurunan bendera.

Sementara itu, Ketua LVRI Kota Bandung, Patmo senang karena pihaknya terlibat dalam upacara bendera.

“Alhamdulillah kita bisa ikut upacara 17 Agustus nanti,” katanya.

Di momen Hari Kemerdekaan ini, ia berpesan, khusus untuk generasi muda untuk melawan narkoba. Menurutnya, barang haram tersebut telah menjadi salah satu penyebab runtuhnya negara.

“Ayo kita sama-sama berantas narkoba dan teroris,” tegasnya.

Patmo menambahkan, dalam rangka HUT ke-73 LVRI Kota Bandung akan menggelar parade pada 26 Agustus 2018. Para veteran akan berpawai dengan menggunakan mobil tua dan beberapa penampilan dari komunitas.

“Kita berkeliling Bandung melewati jalan Dayang Sumbi, lalu ke Asia Afrika dan berakhir di Balai Kota,” jelasnya.***