TNI Siap Dukung Pengamankan Proses Pemilu di Jabar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Komando Daerah Militer (Kodam) III/ Siliwangi siap mendukung pelaksanaan pengamanan Pemilu yang akan dimulai tahapanya di tahun 2023 ini.

Hal tersebut ditegaskan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, dalam Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024, dalam rangka pengamanan pemilu 2024 yang aman dan damai, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/10/2023).

“Saya dari Kodam/III Siliwangi beserta seluruh jajaran siap mendukung pelaksaan pengamanan Pemilu yang akan dimulai tahapannya di tahun ini sampai dengan selesai. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengamanan Pemilu oleh Polda Jabar.,” tegas Erwin.

Menurut Erwin, dalam mendukung pengamanan proses Pemilu ini, pihaknya tidak hanya mendukung pengamanan Polda Jabar, tetapi juga mendukung pengamanan di Polda Banten.

‘Jadi TNI siap mendukung pengamanannya,” ucap Erwin.

Sementara itu, jadwal pemilihan presiden dan legislatif serta DPD akan digelar serentak 14 Februari 2024. Sedangkan pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota akan digelar pada 27 November 2024.

Sebelumnya Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyatakan bahwa operasi pengamanan Pemilu diperlukan untuk menciptakan rasa aman, memberikan perlindungan, serta pelayanan kepada masyarakat. Operasi pengamanan juga diperlukan guna menegakkan hukum.

“Persiapan matang yang dilakukan Pemdaprov Jabar bersama Polri dan TNI merupakan upaya menjaga kondusivitas Jabar,” katanya. (Parno)