Kouta Haji Kota Bandung 2018 Sebanyak 2.464 orang

Sejumlah calon jemaah haji melaksanakan manasik haji. (Foto: Istimewa)

Bandung – Kuota haji Kota Bandung untuk musim haji 2018 mencapai 2.464 orang atau naik dari tahun 2017 yang tercatat 1.731 orang.

“Untuk tahun ini meningkat 20 persen dibanding tahun lalu,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan, Tatang Muhtar, di Bandung, Kamis (12/7/2018).

Tatang merinci, dari 2.464 orang tersebut terdiri atas 1.069 laki-laki dan 1.395 perempuan, ditambah sembilan orang dari Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) Kota Bandung sehingga berjumlah 2.473 jemaah.

Sedangkan petugas kloter asal Kota Bandung yang menjadi Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) sebanyak enam orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) empat orang dan Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) sembilan orang.

“Ketua rombongan sebanyak 246 orang dan ketua regu sebanyak 60 orang,” kata Tatang.

Dilansir dari Antarajabar, menurut Tatang, dalam penyelenggaraan haji tahun ini, Pemkot Bandung terus berusaha memberikan kenyamanan kepada calon haji. Salah satunya dengan memberikan bantuan dana untuk transportasi keberangkatan dan kepulangan jemaah haji Kota Bandung

Tahun ini Kota Bandung memberikan dana melalui bantuan hibah sebesar Rp1,7 miliar. Sedangkan tahun sebelumnya, Pemkot Bandung juga mengucurkan dana sebesar Rp1,6 miliar.

“Kenaikan ini dirasa perlu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi jemaah haji Kota Bandung,” katanya.***