Ungguli Persiraja 1-3, Persib Amankan Tiga Poin

KILASBANDUNGNEWS.COM – Persib mencatat kemenangan 3-1 atas Persiraja Banda Aceh pada laga pekan ke-29 Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (5/3/2022).

Tiga gol Pangeran Biru disumbangkan Frets Butuan pada menit kelima, Erwin Ramdani (20) dan David da Silva (48). Sedangkan satu gol balasan Persiraja dibuat Bruno Dybal (13).

Di pertandingan ini, Pangeran Biru harus tampil tanpa sejumlah nama seperti Beckham Putra Nugraha yang absen karena akumulasi kartu kuning dan Teja Paku Alam karena cedera saat menjalani official training.

Sejak menit pertama, baik Persib maupun Persiraja sama-sama tampil menyerang. Pangeran Biru mengancam lebih dulu melalui Ezra Walian yang turun sebagai starter. Tapi, tembakan pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu belum menemui sasaran.

Frets Listanto Butuan membawa Pangeran Biru unggul setelah mencetak gol pada menit keempat. Gol itu hasil kerja sama sangat baik dengan Erwin Ramdani.

Persiraja merespon dan berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Bruno Dybal pada menit ke-13.

Namun, kondisi itu pun tak berlangsung lama. Erwin yang menuntaskan peluang untuk mencetak gol setelah memanfaatkan umpan jauh Marc Klok pada menit ke-20. Pangeran Biru kembali unggul 2-1 dan hingga babak pertama berakhir, skor tak berubah.

Di babak kedua, Persib masih haus gol. Pangeran Biru menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol David da Silva setelah menuntaskan umpan mendatar Marc Klok di menit 48. Ini menjadi gol keenam penyerang asal Brasil itu untuk menyamai catatan Mohammed Rashid.

Menit 64, Persib melakukan dua pergantian dengan memasukkan Febri Hariyadi dan Dedi Kusnandar menggantikan Frets Butuan dan Marc Klok. Enam menit berselang, Persiraja balik mengancam. Tapi kiper Pangeran Biru, I Made Wirawan mampu melakukan blok krusial.

Hujan lebat yang turun sejak menit 73 membuat wasit berdiskusi dengan para asisten dan kapten dari dua kesebelasan membahas kelanjutan pertandingan karena membuat lapangan tergenang di beberapa titik.

Namun di menit 87, wasit kembali menghentikan laga karena hujan turun semakin deras dan nyaris seluruh permukaan lapangan tertutup air. Wasit pun kembali berdiskusi dengan seluruh pihak mulai dari para kapten, pelatih dan perangkat pertandingan lainnya. Berdasarkan kesepakatan, wasit akhirnya mengakhiri pertandingan dan Persib dinyatakan menang.

 

Kemenangan Sulit Didapat

Pelatih Persib, Robert Alberts menyebut, kemenangan atas Persiraja Banda Aceh tidak mudah didapat.

“Ini laga yang cukup menghibur. Persiraja menunjukkan mereka telah mengubah gaya bermain yang membuat pertandingan menjadi sulit dan mencetak gol yang bagus,” kata pelatih asal Belanda itu.

Meski sempat kebobolan, Robert senang anak asuhnya tampil baik dengan lebih banyak penguasaan bola dan menciptakan tambahan gol. Menurutnya, kemenangan ini membuat tim menjadi lebih percaya diri dalam menjalani sisa pertandingan.

“Dari segi dominasi permainan dan penyerangan, kami menyadari seharusnya bisa membuat lebih banyak gol karena itu akan membuat pertandingan lebih mudah,” ungkapnya. (sumber: persib.co.id)