Puluhan Peserta Ikuti Pelatihan Pemotongan Hewan

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah.

Bandung – Sebanyak 50 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Bandung mengikuti pelatihan cara menyembelih hewan yang diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, MUI Kota Bandung serta Salman ITB.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah mengtakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana cara memilih hewan qurban yang sehat dan layak serta cara melakukan penyembelihannya hewan tersebut.

“Pelatihan ini kita lakukan setiapĀ  menjelang Idul Adha, dengan materi pelatihan yang diberikan kepada para peserta mulai dari bagaimana cara memilih hewan qurban bagaimana menyembelih pada saat pemotongannya,” jelas Elly, di Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jln. Arjuna No. 46. Senin (23/7/2018).

Elly berharap, dengan adanya pelatihan ini mereka bisa membantu tugas-tugas pegawai di Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, dalam melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban dan daging qurban serta kesehatan hewan qurban.

“Petugas kita sangat terbatas, sementara pemotongan tersebar di ribuan tempat, jadi ketika petugas kita tidak hadir di tempat pemotongan mereka sudah paham bagaimana pemotongan secara syariat Islam, bagaimana cara menjatuhkan hewan hingga pembuangan darahnya,” tutur Elly.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung