Polda Jabar Lakukan Strategi Khusus Dalam Atasi Kekurangan Material SIM

BANDUNG. Sejumlah Polres di wilayah hukum Polda Jawa Barat, kehabisan material atau kepingan kartu Surat Izin Mengemudi (SIM). Meski terjadi kekurangan material, namun pelayanan SIM tetap berjalan seperti biasa, dan digantikan untuk sementara waktu dengan menggunakan tanda bukti berupa resi, yang nantinya ditukar, setelah kepingan tersedia.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Sugihardi mengatakan, saat ini, pihaknya masih menunggu material tersebut, yang dikirimkan dari Korlantas Polri.

“Untuk material SIM memang ada keterlambatan. Harapannya bulan ini clear, kekurangan bukan hanya di wilayah Polda Jabar saja, tapi ada beberapa Polda yang juga mengalami kekurangan,”ujar Sugihardi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Rabu (3/8/2016).

Menurutnya, untuk menyiasati kekurangan material tersebut, pihaknya menggunakan sistem subsidi, karena beberapa Polda yang kelebihan material SIM, akan menyerahkan kepada Polda yang kekurangan.

“Di antaranya juga kita mendapat tambahan dari beberapa Polda yang kelebihan. Jadi ada tambahan material SIM sehingga kita distribusikan ke masing-masing Polres yang kekurangannya banyak,”ucap Sugihardi.

Kendati mengalami kekurangan material, Sugihardi menilai, pelayanan bagi para pemohon pembuatan dan perpanjangan masa berlaku SIM di setiap Polres tetap berjalan seperti biasa.

“Kita lakukan terus, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah kembali normal,” tegas Sugihardi.

Yudi Dirgantara