Menteri BUMN Minta Semua Lokomotif Harus Ber-AC

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno bersama Dirut PT KAI Edi Sukmoro meresmikan pengoperasian lokomotif ber-AC dan Coworking Space di Stasiun Bandung, Sabtu (6/4/2019).

Bandung – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada PT. Kereta Api Indonesia yang telah mulai menambah fasilitas bagi para manusianya selama mereka bekerja, yaitu dengan dilengkapinya kabin masinis dengan air conditioner (AC).

Dalam sambutannya di acara peluncuran lokomotif ber- AC dan Coworking Space, Menteri BUMN Rini M Soemarno, selama ini lokomotif yang digunakan belum dilengkapi dengan AC sementara di semua gerbongnya saat ini sudah dilengkapi dengan AC.

“Dengan tidak adanya AC, jadi yang terjadi adalah suka masinis-masinis kalau panas terpaksa buka jendela dan akhirnya kan debu dan itu kemudian menjadi tidak sehat dan tidak nyaman,” ucap Rini saat peluncuran lokomotif ber-AC, di Stasiun Bandung, Sabtu (6/4/2019).

Menurut Rini, dengan adanya fasilitas AC di kabin masinis akan memberikan dukungan dalam hal kesehatan saat mereka bekerja karena ini sangat penting untuk keselamatan dalam mereka bertugas.

“Kita tekankan bahwa masinis itu sama dengan pilot dan keduanya bertanggungjawab terhadap begitu banyak penumpang, karenanya kita harus bisa memberikan kenyamanan untuk mereka bekerja. Dan mudah2 selesai semua 251 dalam waktu dekat,” tuturnya.

Sementara itu, keberadaan Coworking Space yang saat ini sudah ada di beberapa stasiun sebagai bentuk inovasi sangat bagus yang dilakukan PT. KAI dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pengguna moda transportasi kereta

“Coworking ini suatu inovasi yang sangat bagus karena kita menyadari betul bahwa PT KAI melihat terus, bahwa penumpang kebanyakan milenial dan milenial itu sekarang kreatifitasnya tinggi, dimana mereka berada kemudian ada kesempatan kosong kemudian komunikasi punya ide baru langsung dikembangkan,” jelasnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro