Bandung – Dalam rangka menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018, unsur Muspida Jawa Barat menggelar apel bersama di lapangan Gasibu, Kota Bandung, Sabtu (2/6/2018). Apel bersama diikuti antara lain Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta lurah dan kepala desa yang menjadi peserta.

Dalam apel bersama tersebut, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr (Han), Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, secara bergantian memberikan arahan kepada peserta apel.

Dalam pengarahannya, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, SH, M.Tr (Han) mengatakan, apel bersama ini merupakan agenda penting dalam upaya optimalisasi peran TNI, Polri dan pemerintah daerah.

“Apel Besar Tiga Pilar ini merupakan agenda yang penting dan strategis dalam upaya optimalisasi peran TNI dan Polri serta unsur-unsur Pemda yang diwujudkan melalui tiga pilar yaitu Babinsa, Babinkamtibmas dan Lurah/Kepala Desa,” ujar Pangdam.

Pangdam berharap melalui apel bersama menjadi sinergi semua unsur dalam mencegah berbagai ancaman gangguan kamtibmas di wilayah.

“Apel tiga pilar ini diharapkan selalu bersinergi, terutama dalam melaksanakan deteksi dini, terhadap segala bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas yang terjadi di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut Pangdam III/Siliwangi menyatakan acara tersebut menjadi momentum untuk memperkokoh keharmonisan dan soliditas di antara unsur terkait.

“Hal lain yang juga dapat kita petik dari momentum Apel Besar Tiga Pilar adalah semakin kokohnya ikatan dan semangat silaturahmi, harmonisasi, kebersamaan dan soliditas antara TNI dan Polri serta unsur-unsur terkait lainnya.” jelasnya.***

Yudi Dirgantara/ LPS PRSSNI Bandung