Kilas Bandung, Sabtu (2/6/2018)

KilasBandung – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan pemantauan harga-harga dan ketersediaan sejumlah komoditas kebutuhan pokok masyarakat di tiga pasar tradisional di Kota Bandung. Ketiga pasar tersebut yaitu Pasar Baru, Pasar Astana Anyar dan Pasar Kiaracondong. Usai melakukan pemantauan, Enggar mengatakan harga sejumlah komoditi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H. secara umum stabil dan sebagian mengalami penurunan dibanding bulan-bulan sebelumnya meski tidak terlalu tinggi. Kondisi ini terjadi karena kinerja yang baik dari berbagai pihak terkait, seperti PD Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung termasuk tim Satgas Pangan yang terus bekerja.

Pemerintah Kota Bandung terus melakukan pemantauan terhadap Kawasan Tanpa Asap Rokok (KTR) di ruang publik. Pengawasan itu dilakukan hingga bulan Desember 2018 mendatang. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita menuturkan pemantauan itu dilakukan untuk memetakan lokasi untuk KTR termasuk menentukan tempat khusus untuk merokok. Rita menegaskan kampanye KTR akan terus dilakukan hingga masyarakat paham bahwa menghisap tembakau tersebut berbahaya bagi yang merokoknya dan juga bagi orang di sekitarnya.

Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, pihaknya akan melakukan razia secara humanis terhadap para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti anak jalanan, gelandangan, dan pengemis. Tono menuturkan pihaknya akan melakukan pembinaan secara intensif kepada para PMKS tersebut sehingga mereka tidak akan lagi kembali ke jalanan.

Pjs Walikota Bandung Muhammad Solihin menjamin kehalalan daging ayam beku yang diluncurkan ke sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung. Pasalnya, ia sudah melihat sendiri secara langsung, proses penyembelihan hingga ke proses pengemasan ayam beku yang dilakukan oleh perusahaan etanee yang lokasinya berada di Kabupaten Cianjur. Solihin menegaskan, masyarakat tidak perlu ragu, jika ingin membeli dan mengkonsumsi daging ayam beku. Daging ayam beku yang diluncurkan oleh Pemkot Bandung pada Rabu (30/5) lalu tersebut hasil kerjasama dengan pihak ketiga. Harga jual dari daging beku di pasaran dipatok maksimal Rp 33.000/kg dan akan tersedia hingga pasca Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Jumlah masyarakat yang menggunakan moda angkutan kereta api untuk mudik lebaran tahun 2018 ini terus meningkat seiring mendekatinya waktu lebaran. Plt Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT Kereta Api Indonesia, Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, berdasarkan data dari bagian tiketing, hingga saat ini, tiket kereta untuk semua jurusan dan kelas sudah habis terjual hingga H-4 Lebaran.***