Bandung Zoo Targetkan Dikunjungi 120 Ribu Orang Selama Libur Lebaran

Pengunjung mengikuti atraksi Gajah Tunggang di Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) saat libur Idul Fitri 1439 H.

Bandung – Pengelola Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo) menargetkan jumlah pengunjung mencapai 120 ribu orang pada suasana Lebaran 1439 H mulai 15 hingga 24 Juni 2018.

“Tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 108 ribu dalam 10 hari. Untuk tahun ini kami optimistis bisa meningkat jadi 120 ribu,” ujar Markom Bandung Zoo Sulhan Syafii, kepada wartawan, Sabtu (16/6/2018).

Sulhan mengatakan, pada Jumat atau setelah salat Ied, jumlah kunjungan mencapai 2.478 orang. Pada hari kedua lebaran, kunjungan meningkat hingga tiga kali lipat.

“Sabtu hingga 11.30 WIB saja sudah 8.952 orang. Kami prediksi bisa mencapai 15.000 sampai 20.000 orang pada hari ini,” kata dia.

Seperti dikutip dari Antaranews Jabar, Sulhan memperkirakan, puncak kunjungan terjadi pada hari Minggu, mengingat banyak warga masyarakat yang masih menikmati suasana lebaran bersama keluarganya.

Pengelola kebun binatang itu telah merenovasi beberapa kandang satwa, antara lain, dua buah kandang singa, satu kandang harimau benggala, satu kandang macan tutul, dan satu kandang binturung.

Selain itu, kebun binatang juga telah membangun ‘skywalk’ agar wisatawan bisa melihat macan tutul secara dekat.

“Skywalk ini membuat pengunjung bisa melihat lebih dekat macan tutul dan beruang madu lebih dekat,” kata dia.

Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan area untuk berswafoto di dekat kandang burung, binturung, unta dan kolam ikan.

Pertunjukan satwa juga mengalami perubahan. Jika biasanya hanya menampilkan parade, kali ini ada pertunjukan seseorang yang menyerupai Charlie Caplin bermain bersama satwa.

“Serta ada beberapa ‘show’ gerakan burung. Pertunjukan akan berlangsung setiap hari pada pukul 10.30 dan 14.30 WIB setiap hari,” ujarnya.

Pengelola masih menerapkan tarif normal yakni Rp 40 ribu. Bahkan, terhitung mulai sejak hari pertama sampai 10 hari diberlakukan tiket terusan.

“Jadi, dengan adanya tiket terusan pengunjung bisa menikmati seluruh wahana yang disediakan,” kata Sulhan.***