Peringati Hari Tanam Nasional, Bandung Zoo Tanam Pohon Produktif

KILASBANDUNGNEWS.COM – Berbagai jenis tanaman produktif serta tanaman keras dari berbagai jenis, ditanam di kawasan Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo, pada Senin kemarin.

Ketua Yayasan Margasatwa Taman Sari, Bisma Brata Koesoema mengatakan, selain dalam rangka peringati hari menanam pohon nasional, penanaman dilakukan juga untuk menyambut datangnya musim hujan di Kota Bandung.

“Memanfaatkan momen memperingati hari menanam pohon nasional dan juga memasuki musim penghujan. Kita tanam 50 bibit pohon. Ini juga untuk melakukan penghijauan di kawasan Bandung Zoo”, ucap Bisma, Senin (27/11/2023).

Puluhan pohon yang ditanam di kawasan Bandung Zoo, baik pohon keras pelindung dan jenis buah buahan seperti pohon alpukat, bisbul, delima, sirsak,jambu,Kaliandra, pepaya, Ki menyan, Ki damar, kersen, rumput gajah dan lainnya.

Bisma menambahkan, sejumlah pohon keras yang ditanam selain untuk pohon pelindung, dedaunan nya juga bisa dimanfaatkan untuk pakan satwa. Seperti pohon Kaliandra merah yang dipakai untuk pakan tambahan beberapa herbivora seperti tapir, jerapah dan lainnya.

“Sejumlah pohon keras yang ditanam selain untuk pohon pelindung, dedaunan nya juga bisa dimanfaatkan untuk pakan satwa. Halnya pohon Kaliandra merah yang dipakai untuk pakan tambahan beberapa herbivora seperti tapir, jerapah dan lainnya. Ada juga jenis alpukat yang daunnya bisa dimanfaatkan untuk satwa herbivora lainnya,” tuturnya.

Dalam aksi tanam pohon kali ini penanaman dilakukan oleh sejumlah pimpinan dan staf manajemen Bandung Zoo yang mengambil tempat di beberapa titik seperti service road dan beberapa lahan kosong lainnya. Ada juga tim yang melakukan penanaman rumput gajah agar bisa tumbuh di kawasan Bandung Zoo.

“Rumput gajah yang ada di kawasan Bandung Zoo, kerap digunakan untuk menambal stok rumput gajah yang kami beli dari luar. Harapan nya tanaman-tanaman ini bisa kami manfaatkan untuk kesejahteraan satwa,” kata Bisma.

Bisma juga menjelaskan ada sejumlah fasilitas anyar yang bisa dinikmati di Bandung Zoo seperti kereta wisata dua gerbong yang diberi nama “Tabon” yang bisa dinaiki pengunjung untuk mengitari kawasan Bandung Zoo.

“Manajemen terus meningkatkan kualitas untuk layanan pengunjung seperti memperbaiki sejumlah kandang agar pengunjung semakin nyaman menikmati liburannya,” pungkasnya.