Si Abah, Siap Dilepasliarkan ke Habibat Aslinya

Macan tutul "Si Abah." (Foto: Istimewa)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Setelah menjalani perawatan dan pemulihan kondisi tubuhnya selama 1 bulan di Bandung Zoological Garden (Kebun Binatang Bandung), Si Abah yaitu macan tutul yang ditangkap di Ciamis, siap dilepasliarkan.

Manager Komunikasi Bazoga, Sulhan Syafi’i mengatakan pelepasliaran macan tutul berjenis kelamin jantan ini rencananya dilakukan pada Selasa (25/8) ke habitat asalnya, yaitu di sekitar Gunung Sawal Ciamis.

“Rencananya pengakutan macan tutul jantan ini dari Bazoga sektar pukul 07.00 WIB dan diangkut dengan menggunakan kendaraan milik BKSDA dari Ciamis dan langsung menuju wilayah pelapasliaran,” ucapnya.

Sulhan berharap, kegiatan pelepasliaran ini bisa meningkatkan kesejahteraan satwa di alamnya dan penangkapan oleh warga terhadap hewan dilindungi ini tidak terulang kembali.

“Kegiatan seperti ini bisa membantu proses peningkatan ksejahteraan satwa di alamnya,” kata Sulhan, di Bazoga Senin (24/8/2020).

Selama di Bazoga, macan tutul yang ditangkap di Ciamis dipantau kondisi tubuhnya dengan diberi makanan ayam hidup serta juga daging sapi.

Pada saat datang ke Bazoga, Si Abah dalam keadaan stres berat dengan feses yang dikeluarkan cair, namun saat ini kondisinya sudah lebih tenang dan stabil dengan feses yang keluar mulai membeku atau berbentuk. (Parno)