Peringati Sumpah Pemuda, Bandung Zoo Gelar Karnaval Satwa

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke 95, Pengelola Kebon Binatang Bandung atau Bandung Zoo akan meggelar Karnaval Satwa dan budaya di Bandung Zoo.

Ketua Yayasan Margasatwa Tamansari (YMT) Bisma Bratakoesoema mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung pada hari Minggu (29/10/ 2023), dimulai pukul 10.00 WIB dengan terlebih dahulu dilakukan pembacaan ikrar sumpah pemuda.

“Peringatan sumpah pemuda di Bandung Zoo tahun ini memang ada yang spesial. Kami mempersembahkan parade sejumlah satwa dan budaya di dalam kawasan Bandung Zoo”, ucap Bisma, Jumat (27/10/2023).

“Karnaval dimulai dengan pengalungan bunga oleh Gajah Ira kepada beberapa orang dilanjutkan dengan beberapa tarian dan beberapa satwa diantaranya unta, kuda dan burung-burung berbaris menuju plaza animal,” imbuhnya.

Menurut Bisma, sebelum melakukan karnaval, satwa-satwa yang akan ikut karnaval tersebut terlebih dahulu melakukan latihan

“Tim kami sudah melakukan latihan bersama satwa-satwa tersebut beberapa waktu belakangan ini”, kata BIsma, yang juga cucu Ema Bratakoesoema, pendiri Kebun Binatang Bandung.

Dalam memperingati acara sumpah pemuda ini ditampilkan pula sejumlah tarian tradisional di panggung utama Bandung Zoo. Pengunjung bebas menonton acara tersebut.

Sebenarnya karnaval Satwa ini bukan yang pertama kali dilakukan di Bandung Zoo. Pada periode lebaran tahun 2017 lalu, karnaval satwa ini juga pernah dilakukan.

“Kami ingin mempersembahkan pertunjukan yang menarik untuk pengunjung Bandung Zoo. Acara ini adalah salah satunya”, ungkap Bisma.

Belakang ini Bandung Zoo baru saja mempersembahkan beberapa fasilitas anyar bagi pengunjung seperti Zona Petting Zoo atau satwa jinak dan beberapa perbaikan kandang lainnya. Manajemen terus fokus meningkatkan kualitas kandang, satwa, maupun SDM.

“Kami ingin Bandung Zoo ini terus bergerak maju dan semakin memanjakan pengunjung”, pungkasnya. (Parno)