Peringati Hari Lingkungan Hidup, PLN Tanam 32 Ribu Pohon

PT PLN melakukan penanaman sebanyak 32.000 pohon untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Bandung – Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, PT PLN melaksanakan penanaman pohon secara serentak oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia. Penanaman dilakukan di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke pada Selasa (5/6/2018) dengan target penanaman sebanyak 32.000 pohon.

Menurut Manajer PLN UPP Kit JBT 2 Arie Nugroho, untuk di wilayah Jabar penanaman pohon dilakukan di Jatigede, dengan melibatkan PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I dan Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Tengah 2 serta kalangan pelajar dan masyarakat setempat.

“Di Jatigede kita menanam 1.000 batang pohon di 4 titik lokasi, yaitu Lokasi Regulating Dam, Kawasan Wisata Tegal Jarong di Desa Cijeungjing serta di lokasi Resettlement Warga Terkena Proyek yaitu daerah Blok Panaekan dan Blok Pangaritan,” katanya.

Arie mengatakan, program penanaman pohon ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab PLN terhadap penyelamatan dan melestarikan lingkungan khususnya di daerah sekitar proyek

“Kita berhatap pohon yang kita tanam dapat tumbuh subur dan hasilnya dapat dimanfaatkan khususnya oleh masyarakat Jatigede, bahkan hingga beberapa tahun ke depan,” ucapnya.

Arie menambahkan, jenis tanaman yang menjadi prioritas program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran serta dapat  menjaga ketersediaan air tanah, menjaga kualitas udara di sekitar proyek dan melestarikan tumbuhan khas lokal.

“Ada 8 jenis pohon yang ditanam diantaranya pohon Mangga, Rambutan, Durian, Jambu, Mahoni, Tanjung, Beringin, serta Jati sebagai tanaman khas lokal daerah Jatigede, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung