KKJ 2022, Wujudkan Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebagai salah satu wujud peran Bank Indonesia Jawa Barat dalam pengembangan UMKM serta perluasan akses pasar produk unggulan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota di Jawa Barat, Dekranasda, serta didukung oleh Komisi Xl DPR RI, OJK kembali akan menyelenggarakan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) Tahun 2022, selama 3 hari, terhitung 14-16 Mei 2022, di Trans Convention Center, Bandung.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, KKJ Tahun 2022 yang disinergikan dengan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2022 sebagai rangkaian untuk mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) serta merupakan side event G20.

“KKJ – PKJB 2022 mengusung tema “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan” ini side event G20,” kata Herawanto, di Kantor BI Jabar, Jumat (13/05/2022).

Herawanto mengatakan, KKJ — PKJB 2022 akan mengikutsertakan hingga 12.000 UMKM unggulan Jawa Barat yang terdiri dari produk kriya, fashion, craft, kuliner, kopi dan teh, serta pariwisata khas Jawa Barat, yang terdiri dari berbagai kegiatan diantaranya display produk atau showcasing, talkshows, dan digital discussion, business matching dan sebagainya.

“Acara akan dimeriahkan dengan interactive booth dan fashion show yang akan menampilkan secara detail produk UMKM dan produk kreatif unggulan Jawa Barat secara interaktif,” ucapnya.

Guna meningkatkan akses pembiayaan dan pasar, dalam rangkaian KKJ – PKJB 2022 juga akan diselenggarakan Business Matching 5 UMKM unggulan Jawa Barat dengan potential buyer dari berbagai negara. Business Matching ini merupakan hasil kolaborasi Kantor Perwakilan Bl Jawa Barat dengan Indonesia Trade Promotion Center (IT PC), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Luar Negeri antara 5 UMKM unggulan Jawa Barat dengan potential buyer dari berbagai negara.

Opening Ceremony kegiatan KKJ — PKJB 2022 akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei 2022, pukul 10.00 WIB secara hybrid. Opening Ceremony akan dilaksanakan secara live, namun kegiatan dapat diikuti secara online, melalui live streaming pada berbagai kanal media sosial Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jabar dan Dekranasda serta pada kanal website www.karyakreatifjawabarat.id/live-streaming), berbagai kanal media sosial (Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jabar dan Dekranasda) dan beberapa media partner yang telah ditunjuk.

Rangkaian opening ceremony akan dihadiri tokoh penting di Indonesia seperti Menteri Koperasi dan UKM, Bp Teten Masduki; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bp Sandiaga Uno; Deputi Gubernur Bank Indonesia, Bp. Doni Primanto Joewono, dan Gubernur Jawa Barat, Bp. Ridwan Kamil.

Selain beberapa kegiatan diatas, acara juga akan dimeriahkan dengan digital discussion, implementasi QRIS, berbagai penampilan hiburan menarik Iainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional, serta kompetisi bergengsi yang kami buka untuk umum, termasuk rekan media dan jurnalis yaitu kompetisi video pendek, animasi dan photo on the spot.

“Akhirnya, kami mengajak masyarakat luas khususnya di Jawa Barat untuk turut meramaikan dan menyukseskan event Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat, Pekan Kerajinan Jawa Barat 2022 dengan mengikuti berbagai acara untuk membeli produk UMKM yang ditawarkan dalam rangkaian event bergengsi tersebut, serta berwisata di Indonesia aja,” tutur Herawanto.

“Sebagai bentuk dukungan pemulihan pasca pandemi yang berangsur mereda, membeli produk UMKM dan melakukan wisata di destinasi dalam negeri turut membantu upaya pemulihan ekonomi,” imbuhnya. (Parno)