QRIS Adventure Run Dorong Percepatan Transformasi Digital

KILASBANDUNGNEWS.COM – Guna semakin mempercepat transformasi digital secara terintegrasi, terukur dan holistik melalui perluasan transaksi QRIS, Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, OJK, BPOM, perbankan se-Jawa Barat, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PSJP) hingga e-commerce menggelar QRIS Adventure Run.

Bertempat di Gedung Sate Kota Bandung, kegiatan tersebut sekaligus merupakan pembukaan Pekan West Java Digital and Sharia Economic Festival (DIGISEF) 2023 serta puncak acara Pekan QRIS Nasional (PQN) Jawa Barat 2023. Lebih lanjut, Pekan WJ-DIGISEF 2023 kembali mengintegrasikan potensi pengembangan ekonomi syariah Jawa Barat dengan transformasi digital secara end-to-end, dari hulu ke hilir, termasuk diantaranya pembayaran melalui QRIS.

Berbagai langkah tersebut, menempatkan kegiatan QRIS Adventure Run menjadi sangat strategis, dalam upaya mendorong ekonomi dan keuangan syariah serta ekonomi dan keuangan digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru Jawa Barat yang berkelanjutan dan inklusif.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan bahwa QRIS Adventure Run merupakan wujud kreatif Bank Indonesia Jawa Barat dalam mensosialisasikan penggunaan QRIS kepada masyarakat Jawa Barat, yang dibalut dengan konsep fun city run.

Diawali dengan pendaftaran melalui pembayaran QRIS senilai Rp17.823, para runner akan berlomba memasuki 9 checkpoint di sepanjang 7,5 km rute guna menyelesaikan berbagai fun games terkait edukasi QRIS.

Penyiapan titik-titik checkpoint tersebut berlokasi di kantor berbagai bank yang dilewati oleh rute runner, diantaranya BCA, Bank bjb, BNI, BRI, BSI, CIMB Niaga, Danamon, Bank DKI dan Bank Mandiri. Sebanyak lebih dari 2.000 runner berlomba untuk menyelesaikan berbagai tantangan di masing-masing checkpoint untuk memperebutkan medali finisher.

Erwin menyampaikan apresiasi atas animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap gelaran QRIS AdventureRun. Hal ini terbukti, dalam tidak lebih dari dua hari, peserta QRIS AdventureRun sudah melebihi target kuota yang ditetapkan.

Erwin menegaskan, bagi masyarakat Jawa Barat yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan city run dan berbagai rangkaian acara menarik QRIS Adventure Run, Bank Indonesia juga menawarkan Virtual QRIS AdventureRun pada periode waktu 20-27 Agustus 2023 sepanjang rute total 7,5 km.

Gelaran acara, QRIS AdventureRun juga dimeriahkan dengan senam body combat yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Jawa Barat secara massal, berbagai kompetisi fesyen, dance, kompetisi video, lomba mewarna anak, pasar rakyat makanan tradisional Jawa Barat, layanan e-samsat dan layanan penukaran uang Rupiah. Selain itu, para tenant makanan yang dihadirkan di QRIS AdventureRun juga telah tersertifikasi halal. Untuk mendukung sustainable living, di area pelaksanaan QRIS AdventureRun, panitia menyediakan reverse vending machine, dimana masyarakat Jawa Barat dapat menukarkan botol plastiknya dan akan mendapatkan poin sebanyak 2.500.

Poin tersebut selanjutnya dapat menjadi top up e-wallet dengan minimal poin 10.000. Seluruh rangkaian acara QRIS AdventureRun tersebut, difokuskan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Jawa Barat guna semakin memperluas penggunaan dan transaksi QRIS di Jawa Barat untuk mempertahankan posisi Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah merchant dan nilai transaksi tertinggi di Indonesia.

Semakin spesial, gelaran QRIS AdventureRun ini juga sebagai sarana edukasi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer dan setor tunai (QRIS TUNTAS) serta dimulainya uji coba QRIS antarnegara Indonesia-Singapura. Fitur baru tersebut telah diluncurkan Bank Indonesia bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-78 pada 17 Agustus 2023.

Peluncuran QRIS TUNTAS dan uji coba QRIS antarnegara tersebut merupakan bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 untuk semakin mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Di satu sisi, QRIS TUNTAS diarahkan untuk mendukung stabilitas sistem pembayaran melalui interkoneksi dan inteoperabilitas antar penyelenggara dan sumber dana melalui skema harga yang efisien dengan tetap memastikan keberlangsungan layanan oleh industri. Di sisi lainnya, uji coba QRIS antarnegara Indonesia-Singapura yang menfasilitasi pembayaran QR Code pembayaran antarnegara secara lebih efisien guna mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Ke depan, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemerintah baik pusat dan daerah, pelaku industri dan masyarakat dalam rangka memperluas akseptasi QRIS dengan didukung pengembangan inovasi fitur QRIS secara berkelanjutan. (Parno)