Kilas Bandung, Rabu (12/12/2018)

KilasBandung – Kota Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sebagai tempat pencanangan Gerakan Indonesia Membaca tahun 2018. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, Gerakan Indonesia Membaca  merupakan upaya untuk mewujudkan Kota Bandung sebagai kota literasi.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) mengubah stigma negatif masyarakat terhadap keberadaan ormas.  Menurut Yana yang juga Ketua FKPPI Jawa Barat, upaya untuk mengubah pandangan negatif tersebut di antaranya dengan membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengapresiasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pindad yang membantu pengelolaan sampah di Kota Bandung khususnya di wilayah Kelurahan Babakan Sari Kiaracondong. Melalui PKBL, pengelolaan sampah menjadi lebih cepat karena dibantu pengadaan mesin pencacah sampah yang dibuat oleh PT Pindad.

PT Pindad melalui program PKBL siap membantu menyediakan mesin pencacah sampah untuk Kota Bandung. Direktur Keuangan PT Pindad Wildan Arief mengatakan pihaknya siap membuat lebih dari seribu mesin yang sama, untuk membantu Kota Bandung dalam pengolahan sampah di tingkat masyarakat.

Komunitas Akademi Citarum melakukan penanaman bambu jenis bambu betung dan bambu mayang di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo. Penggagas Akademi Citarum, Mastok Setyanto mengatakan, penanaman bambu spesies langka tersebut untuk menambah koleksi bambu Bandung Zoo.

Manager Komunikasi Bandung Zoo Sulhan Syafi’i mengapresiasi komunitas Akademi Citarum yang melakukan penanaman bambu di dalam kawasan Bandung Zoo. Saat ini Bandung Zoo memiliki 12 jenis koleksi tanaman bambu dari 48 jenis bambu endemik Jawa Barat.***