Dishut Jabar Bantu Pakan Bagi Satwa di Bazoga

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Daerah Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan memberikan bantuan pakan bagi satwa yang berada di Kebun Binatang Kota Bandung atau Bandung Zoo Logical Garden (Bazoga) menyusul penutupan obyek wisata ini sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Level 4.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan bantuan berupa sayur-sayuran bagi satwa ini sebagai bentuk kepedulian terhadap satwa di masa pandemi Covid-19.

“Bantuan yang kita berikan berupa wortel 60 kg, waluh 350 kg, pakcoy 300 kg, sosin 400 kg, bonteng 250 kg, kangkung dan kacang panjang 10 kg,” kata Epi, saat dihubungi Kamis (05/08/2021).

Menurut Epi, sayuan yang didonasikan bagi satwa di Bazoga ini dibeli dari hasil panen para petani di Kabupaten Sukabumi yang terdampak pandemi Covid-19, akibat dari hasil panen mereka sulit untuk dijual.

“Pada masa PPKM banyak.masyarakat yang terdampak termasuk para petani di Kabupaten Sukabumi, hasil panennya dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan sebagian dibuang karena tidak ada yang membeli dan sulit menjual ke pasar,” ucapnya.

“Untuk membantu masyarakat yang terkena dampak tersebut Pak Gubernur Ridwan Kamil menghimbau agar para LO penanganan Pandemi Covid-19 membantu masyarakat dengan membagikan sembako. Dinas Kehutanan melaksanakan himbauan dengan membagikan sembako dan membeli hasil panen petani,” imbuhnya.

Epi berharap, upaya ini dapat ditiru masyarakat untuk membantu dengan cara membeli hasil panen petani dan diberikan ke Kebun binatang atau kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan demikian dua amal sekaligus dilakukan yaitu peduli petani serta peduli satwa.

“Kami berharap ini sumbangan awal dari kami. Selama masa pandemi ini kita bukan hanya memperhatikan manusia tapi juga satwa-satwa yang juga merupakan ciptaan Tuhan,” ujarnya. (Parno)