Alasan Indonesia Baru Rebut Satu Emas SEA Games

KILASBANDUNGNEWS.COM – Indonesia baru mengoleksi satu emas di hari pertama SEA Games 2019 meski tim polo air putra dan Dwi Cindy Desyana keluar sebagai pemenang di nomor masing-masing. Medali emas Cindy tidak masuk dalam perhitungan tabel medali.

Dari tabel medali yang ada, Indonesia tercatat baru mengoleksi satu emas sumbangan dari tim polo air putra. Tim polo air putra sudah memastikan medali emas sebelum upacara SEA Games berlangsung meski penyerahan medali baru dilaksanakan pada Minggu (1/12).

Keberhasilan Cindy di cabang olahraga dance sport nomor women breaking tidak masuk dalam tabel perolehan medali.

Hal itu terjadi karena negara peserta dalam nomor ini kurang dari syarat minimal peserta yaitu empat negara.

“Waktu sebelum mulai, ada general assembly [sidang]. Mereka melaporkan cabang olahraga yang berisi tiga NOC [negara peserta] dan dua NOC. Kalau secara aturan, cabor dengan negara di bawah empat peserta tidak dipertandingkan.”

“Dance sport nomor women breaking cuma dua negara, Indonesia dan Filipina. Akhirnya ditanya, mau didrop, dibatalkan atau bagaimana, kemudian diputuskan hanya sebagai eksebisi karena hanya diikuti Indonesia dan Filipina,” ucap CdM Indonesia, Harry Warganegara, seperti dilansir CNN Indonesia, Senin (2/12/2019).

Dance sport nomor women breaking jadi satu-satunya nomor yang hanya diikuti oleh dua negara peserta. Sementara itu total ada 17 nomor dari sembilan cabang olahraga yang hanya diikuti oleh tiga negara peserta.

Andai nanti cabang-cabang olahraga tersebut tetap dipertandingkan, cabor tersebut akan berstatus laga ekshibisi dan tak hasil akhir yang didapat tidak akan diperhitungkan dalam tabel medali SEA Games.

Di hari pertama, Indonesia mengoleksi satu emas, empat perak, dan lima perunggu. Indonesia ada di posisi keenam.***