Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang yang Terbakar Dihuni 122 Napi

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dirjen PAS Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Reynhard Silitonga mengatakan kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, terjadi di Blok C2.

“Lapas ini ada tujuh blok, di mana per blok itu ada sembilan kamar, nah yang terbakar ini adalah Blok C2,” kata Reynhard melalui rekaman suara yang diterima, Rabu (8/9).

Menurut Reynhard, di Blok C2 terdapat satu aula dan sembilan kamar. Di Blok C2 terdapat sekitar 122 penghuni lapas.

“Jadi di blok ini lah terjadi diduga awal hubungan pendek, ini musibah yang dialami di lapas Kelas I Tangerang. Kami berupaya terus mengamankan yang masih ada di blok lain, saya kira itu, ini di blok C2 yang diduga terjadi hubungan pendek,” tuturnya.

Lapas Kelas I Tangerang, Banten, terbakar dan menewaskan sedikitnya 41 orang, 8 luka bakar berat dan 73 luka bakar ringan. Kebakaran terjadi pada pukul 1.50 WIB dini hari tadi.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi kepada pemulihan dan evakuasi korban. Mereka dibawa ke RSUD Tangerang untuk mendapat perawatan.

Saat ini, proses pemadaman kebakaran Lapas Tangerang dikabarkan sudah rampung.

Berdasar keterangan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Agus Toyib, Lapas Kelas I Tangerang saat ini dihuni oleh 2.072 orang. Sedang Blok C yang terbakar dihuni oleh 122 orang. (Sumber: www.cnnindonesia.com)