Bantu Penanggulangan Covid-19, YPM Salman ITB Gelar Vaksinasi dan Infaq Darurat

KILASBANDUNGNEWS.COM – Kasus positif Covid-19 hingga saat ini masih meningkat di tengah perjalanan vaksinasi untuk semua masyarakat.

Guna membantu masyarakat yang terpapar Covid-19, Wakaf Salman ITB berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Salman ITB, dan Rumah Amal Salman, menggelar penggalangan dana secara Webinar yang juga diisi dengan edukasi dari sejumlah narasumber kepada masyarakat umum agar memahami manfaat vaksin bagi tubuh.

Penanggung Jawab Vaksinasi Salman ITB. Dadang Rukanta Suryahadimaja mengatakan, acara yang juga didukung Telkom Indonesia ini, juga menjadi sarana donasi untuk membantu penanganan covid-19.

“Acara ini juga menjadi wadah penggalangan dana infaq untuk membantu penanggulangan Covid-19,” kata Dadang, Sabtu (17/7/2021).

Acara Webinar dengan tema“Vaksin, 100% Kebal Covid???” menghadirkan pembicara berpengalaman di dunia vaksin yakni dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) yang merupakan founder Rumah Vaksinasi.

Acara dipandu drg. Mirza Mangku Anom, Sp.KG selaku moderator yang juga influencer kesehatan.

Materi berkaitan dengan seperti apa virus menjangkit tubuh dan bagaimana vaksin menghadapinya untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity.

Webinar Vaksinasi Salman ITB diikuti sekitar 200 orang peserta yang antusias mengajukan berbagai pertanyaan penting yang menjadi kebingungan sebagian orang.

“Upaya kecil ini adalah kesungguhan kita untuk menanggulangi pandemi. Insyaallah kita sedang membuat ventilator Vent-i untuk membantu, Vent-i HNFC khususnya menjadi ventilator impulsif yang mencoba mendorong paru-paru terbuka agar bisa berfungsi normal lagi,” ungkap Dadang.

Menurut Dadang, alat bantu pernapasan yang disebut juga ventilator, saat ini menjadi kebutuhan mendesak. Selain digunakan pasien Covid-19 untuk terapi, tetapi juga membantu pernapasan pasien bergejala ringan sampai berat.

“Dana infaq yang terkumpul nantinya akan sesegera mungkin disalurkan untuk mendukung pengadaan ventilator gratis dan kebutuhan isolasi mandiri,” ucapnya.

Program penyaluran ventilator tengah berjalan saat ini, dimana penerima pertaman ialah salah satu pasien dari RS. Budhi Asih.

Selain itu dalam program penanggulangan Covid-19 ini, PERSIB juga turut serta membantu dengan mendonasikan uang sejumlah 10 juta rupiah melalui Wakaf Salman.

Dadang berharap, program ini bisa segera membuat masyarakat merasakan momen berakhirnya pandemi.

“YPM Salman ITB rencananya akan kembali melaksanakan Vaksinasi Gratis Tahap Kedua pada 24-25 Juli 2021 dan juga menggelar kembali acara serupa webinar ini,” ujarnya.

Demi kebermanfaatan yang lebih luas, Wakaf Salman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berbagi informasi maupun berdonasi membantu sesama. Masyarakat bisa mendukung program-program kebaikan melalui donasi di websitewakafsalman.or.id. (Parno)