Bandung Siap Partisipasi Earth Hour 2019

Koordinator Earth Hour Kota Bandung, Saepul Hamdi saat Diskusi Earth Hour 2019 di Gedung Sate, Kamis (28/3/2019).

Bandung – Berbagai kota bersiap melakukan aksi kampanye Earth Hour 2019, dan untuk perayaan kampanye global Earth Hour 2019 di Bandung yang akan berlangsung pada 30 Maret akan dipusatkan  di Trans Studio Mall dengan mematikan lampu mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Koordinator Earth Hour Kota Bandung, Saepul Hamdi mengatakan kampanye Earth Hour 2019 akan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB dengan melibatkan siswa-siswa sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Untuk SD nanti ada aktivasi kesatrian lingkungan mereka diajak untuk menghitung berapa besar energi yang digunakan di TSM, untuk SMPada loma serdas cermat tentang lingkungan dan untuk SMA akan ada lomba pembuatan alat eksperimen sederhana,” ucap Saepul, di acara Diskusi Earth Hour 2019 di Gedung Sate, Kamis (28/3/2019).

Menurut Saepul, selain melibatkan siswa-siswi sekolah di Earth Hour 2019 juga akan ada pameran yang melibatkan sejumlah  komunitas bidang lingkuungan.

“Untuk puncak kegiatan akan dilakukan malam hari secara simbolis akan ada pemadaman oleg Gubernur Jawa Barat,” katanya.

Saepul berharap, kampanye Earth Hour 2019 ini para siswa-siswi maupun masyarakat akan mendapat pemahaman mengenai hemat energi dan menjadi agen untuk kemudian menyampaikannya kepada teman-teman mereka pentingnya hemat energi dan menjaga lingkungan.

“Kita harap para siswa-siswi untuk menjgadi agen dan menularkannya kepada yang lain,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Konservasi dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Jabar, Dewi Nurhayati mengharapkan, kampanye Earth Hour yang dilakukan setiap tahun ini bisa mengubah gaya hidup masyarakat dalam menggunakan energi ini.

“Kampanye ini bisa merubah kebiasaan masyarakat dalam kehidupan keseharian seperti, mulai tidak menggunakan plastik, ramah terhadap lingkungan hingga mengolah sampah mulai dari sumbernya,” harapnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro