Kampanye Earth Hour Ubah Perilaku Tata Kelola

Manager Komunikasi WWF Indonesia, Dewi Satriani saat Diskusi Earth Hour 2019 di Gedung Sate, Kamis (28/3/2019).

Bandung – Kampanye Earth Hour 2019 dengan mematikan lampu mulai pukul 20.30 WIB hingga 21.30 WIB kembali digelar secara serentak di seluruh dunia pada Sabtu (30/3/2019). Perayaan kampanye Global Earth Hour 2019 di Bandung akan dipusatkan di kawasan Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Soebroto, Bandung.

Manager Komunikasi   mengharapkan kampanye Earth Hour kali ini bisa melibatkan publik senbayak-banyaknya serta instansi baik pemerintah maupun swasta.

“Setelah 10 tahun pelaksanaan jumlah orang yang terlibat terus bertambah, baik yang hadir di acara maupun yang mematikan listrik,” ucap Dewi, di Gedung Sate, Kamis (29/3/2019).

Menurut Dewi, manfaat yang bisa dilihat dari kampanye Earth Hour ini salah satunya dari adanya perubahan perilaku di tingkat tata kelola pemerintahan.

“Sekarang banyak pemerintah yang mengeluarkan kebijakan baru untuk membatasi penggunaan plastik, green building, green office, dan itu kebijakan-kebijakan yang keluar setelah kampanye ini,” katanya.

Dewi menyatakan, di tingkat individu juga saat ini sudah banyak melakukan perubahan-perubahan dengan melakukan pengehematan energi, pengurangan limbah, pamanfaatan trasportasi publik, itu sudah banyak dilakukan.

“Perubahan-perubahan perilaku individu itu manfaat yang paling dirasakan dengan adanya kampanye ini, dan targetan ramah lingkungan seperti ini yang diharapkan oleh pemerintah,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro