Ridwan Kamil Harapkan Jabar Jadi Destinasi Investasi Utama di ASEAN

KILASBANDUNGNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, menyampaikan optimisme West Java as a World Class Investment Destination, bahwa Jawa Barat kini dan ke depan akan terus meningkatkan kapasitas dan daya saingnya untuk mampu menjadi destinasi investasi kelas dunia.

Menurut Gubernur, Pemerintah Jawa Barat dalam visi tidak hanya mempertahankan prestasi sebagai tujuan utama investasi di Indonesia, namun juga menyasar target untuk menjadi destinasi investasi utama di Asia Tenggara.

“Sebagai salah satu langkah dari visi tersebut, pada WJIS 2021 dilakukan launching Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jawa Barat Bagian Selatan, sebagai wujud dukungan penuh pemerintah pusat terhadap Jawa Barat,” ucap Gubernur, saat membuka West Java Investment Summit (WJIS) 2021, Kamis (21/10/2021)

“Perpres tersebut akan semakin memperkuat keyakinan para calon investor mengenai besarnya potensi dan manfaat berinvestasi di Jawa Barat,” tambahnya.

Sebagai wujud komitmen bersama para kepala daerah dalam rangka pembangunan kawasan Jawa Barat bagian selatan, pada WJIS kali ini juga ditandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) antara Gubernur Jawa Barat dan enam Bupati dan Walikota di wilayah selatan Jawa Barat yakni Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis dan Kab. Pangandaran.

Mengusung tema “Navigating Post-Covid World: Investment Growth for Resilient West Java”, WJIS 2021 diikuti oleh lebih dari 1.500 investor, 13 project owners, dan strategic partners. Gelaran WJIS 2021 diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2021 dengan rangkaian kegiatan MoU signing, talk show, project presentation, market sounding dan one on one meeting, serta investment award.

Lebih dari 30 peluang proyek investasi ready-to-offer yang dipresentasikan kepada potential investor meliputi investasi infratsruktur, tourism, industrial area, sustaiable aquaculture, ecogreen dan SMEs. Sejalan dengan penerapan protokol Covid-19, seluruh rangkaian WJIS 2021 dapat diikuti melalui website www.wjis.com dan live streaming di berbagai kanal media sosial yang dimiliki oleh Bank Indonesia Jawa Barat, Pemprov Jawa Barat dan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat. (Parno)