Rekapitulasi KPU Capres Cawapres Prabowo-Gibran Unggul di Jabar

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden no urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dipastikan unggul di Jawa Barat pada pemilu 2024.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar yang digelar Senin (18/3/2024) malam, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua (2) meraih 16.805.854 suara, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut satu (1) mendapatkan 9.099.674 suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut tiga (3) meraih 2.820.995 suara.

Sementara itu, komedian Alfiansyah Komeng dipastikan juga maju ke Senayan setelah menguasai perolehan suara pada pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Jabar dengan perolehan suara tertinggi perolehan suara 5.399.699 dari 27 kabupaten/kota. Kemudian diikuti Aanya Rina Casmayanti yang memperoleh 1.976.561 suara, Jihan Fahira 1.823.907 suara, dan Agita Nurfianti dengan 1.168.837 suara.

Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni mengatakan, pihaknya akan langsung bertolak ke Jakarta untuk mengikuti proses pleno penghitungan suara nasional.

“Kita akan berangkat untuk mengikuti rekapitulasi nasional yang kemarin sempat tertunda, karena kita sedang menunggu Kabupaten Bekasi,” ucap Ummi.

Ummi mengatakan bahwa tertundanya proses penghitungan tingkat provinsi karena harus menunggu proses perhitungan di tingkat Kabupaten Bekasi yang sebelumnya tertunda karena ada satu kecamatan yang memiliki TPS yang begitu banyak. Tambun Selatan yang jumlah TPS 1.222 paling banyak di Indonesia. Dan Alhamdulillah kemarin sudah menyelesaikan.

“Dengan selesainya pleno rekapitulasi penghitungan suara Kabupaten Bekasi. Maka dipastikan sudah tidak ada masalah lagi terkait penghitungan suara, baik untuk Pilpres, Pileg DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kota/kabupaten,” pungkasnya. (Parno)