Bandung – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Barat, Doni P. Joewono mengatakan perlunya sistem logistik yang didukung dengan teknologi finansial dalam menentukan daya saing sektor pertanian khususnya di era teknologi digital seperti saat ini.

“Dengan adanya sistem logistik dalam sektor pertanian ini, dengan menerapkan prinsip ekonomi berbagi (sharing economy) diharapkan memberikan peluang yang selama ini tidak terdapat dalam bisnis pangan konvensional,” ucapnya dalam Seminar Model Bisnis Logistik Pangan Berbasis Teknologi Digital di Bale Pasundan, Lantai 2 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Kamis (12/4/2018). .

Menurut Doni, seminar ini merupakan momentum bagi KPwBI Provinsi Jawa Barat untuk melakukan inovasi pengembangan klaster dan UMKM khususnya dalam inovasi agricity logistics dan marketing dengan menggandeng perusahaan start up bernama Locarvest.

“Bersamaan dengan diresmikannya Locarverst ini, Bank Indonesia berharap kehadirannya di tengah masyarakat nantinya dapat menjawab tantangan sektor pertanian di jaman era digital ini dengan tujuan agar kesejahteraan petani dapat meningkat sehingga roda perekonomian Jawa Barat dapat bergerak lebih cepat,” tuturnya. ***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung