Bandung – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat Yayat Hidayat menyatakan pengadaan logistik pemilu, baik untuk pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 maupun untuk Pemilihan Presiden 2019, perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini dilakukan karena terkait kelancaran proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Pelaksanaan Pilgub akan berlangsung sekitar 79 hari lagi, dan itu bukan waktu yang lama sehingga perlu memanfaatkan waktu secara maksimal,” ucapnya saat ditemui wartawan Rabu (11/4/2018).

Menurut Yayat, perencanaan dan persiapan dinilai penting dalam menyertai proses pengadaan logistik dan harus terus diperbaiki, terutama untuk meminimalkan kekeliruan.

“Kita bisa fokus pada persiapan tahapan lainnya atau juga bisa menghindari fitnah,” ujar Yayat,

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum dan Logistik KPUD Jabar, Agus Rustandi meminta jajaran logistik untuk bersiap maraton karena tahapan-tahapan lain sudah berjalan.

“Perlu saya ingatkan agar proses pengadaan sesuai dengan prosedur dan kaidah yang berlaku agar  menunjang akuntabilitas dan transparansi,” katanya. ***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung