Melalui Festival Ramadan 2024, Pegadaian Ajak Masyarakat Investasi Emas

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dalam rangka memeriahkan bulan Suci Ramadhan PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat menggelar event Festival Ramadan Pegadaian 2024 di Kiara Artha Park, Kota Bandung, pada akhir pekan kemarin.

Pemimpin PT Pegadaian X Kanwil Jawa Barat Maryono mengatakan, Festival Ramadhan Pegadaian Tahun 2024 merupakan kegiatan dengan konsep pesta rakyat yang dilaksanakan di 61 kantor area dan 12 kantor wilayah di seluruh Indonesia.

“Acara ini digelar dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan yang dilaksanakan dengan unsur edukasi dan literasi keuangan dari produk dan layanan Pegadaian,” ucap Maryono.

Kegiatan Festival Ramadhan Pegadaian Tahun 2024 dilaksanakan dengan 2 rangkaian kegiatan besar, yaitu street food dan gold Bazar yang dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 28 Maret 2024 dan puncak kegiatannya yaitu Panggung Emas Ramadhan yang dilaksanakan di tanggal 29-31 Maret 2024.

Event ini mampu menyedot ribuan pengunjung. Mereka antusias mengikuti berbagai kegiatan seperti bazar kuliner, bazar emas, lomba adzan anak, santunan 100 anak yatim, takjil gratis, lomba menggambar, lomba menyanyi, music performance, fashion demo, dan lainnya.

Berbagai acara digelar mulai dari acoustic Harpers, D Officer, dan tausiah ustad Wijayanto serta Panggung Emas Ramadhan yang salah satunya untuk mengedukasi masyarakat tentang produk Pegadaian, seperti tabungan emas.

Maryono menambahkan, diusianya ke-123 tahun pada 1 April lalu, PT Pegadaian mengembangkan semangat 123 Go untuk bergerak lebih maju.

“Dengan semangat 123 Go, PT Pegadaian terus berupaya bergerak lebih cepat dan lebih tinggi. Kami akan terus mengoptimalkan ekosistem untuk lebih maju,” kata Martono.

“Perusahaan berupaya memperluas jaringan layanan bagi nasabah yang belum terlayani. “Kami juga terus berupaya menjangkau nasabah yang belum terjangkau,” imbuhnya.

Meski sudah berusia lebih dari satu abad, PT Pegadaian terus berinovasi melalui berbagai produk serta berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan bangsa dan negara.

Maryono mengatakan, pihaknya optimistis target Rp6 triliun dapat tercapai. Apalagi pada tahun 2023 lalu, pihaknya mampu mencatat transaksi hingga Rp5 triliun.

“Kami optimistis target itu bisa dicapai. Periode Januari-Maret kami sudah bisa membukukan transaksi senilai Rp350 miliar,” ujarnya.

Diakuinya, saat ini pertumbuhan kinerja perusahaan sebagian besar masih ditopang oleh bisnis utama, yaitu gadai. Sementara sisanya ada tabungan emas dengan porsi di bawah 5 persen.

“Tahun ini penjualan emas cukup baik. Tabungan emas sangat diminati nasabah karena sangat menguntungkan. Harga emas yang terus meningkat membuat jumlah nasabah dan transaksinya terus bertumbuh. Jumlah nasabah tabungan emas sudah mencapai 300 ribuan orang dan 10% diantaranya mampu memanfaatkan tabungannya untuk mendapatkan modal kerja,” pungkas Maryono. (Parno)