LLDIKTI IV Jabar Miliki ULT Keliling

KILASBANDUNGNEWS.COM – Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi atau LLDIKTI IV Jabar dan Banten kini memiliki Unit Layanan Terpadu (ULT) serta Pendidikan Vokasi. Kebijakan itu ditempuh, sebagai salah satu upaya LLDIKTI dalam memberikan pelayanan prima kepada perguruan tinggi.

Demikian diungkapkan Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.Si. selaku Kepala LLDIKTI IV Jabar dan Banten.

Melalui ULT ini, pihaknya bisa terjun langsung memberikan pelayanan dengan menjangkau perguruan tinggi, sehingga mereka mendapatkan kemudahan dalam pengurusan administrasi maupun konsultasi.

Satu diantaranya adalah layanan kilat satu hari dalam pengurusan SK Inpassing Dosen, perubahan data dosen di PD Dikti, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), rekomendasi beasiswa dosen dan masalah terkait lainnya.

Menurut Samsuri, program ULT ini adalah sebagai salah satu tindaklanjut dari Program LLDIKTI Mendengar, yang dinilai belum optimal dalam memberikan pelayanan kepada perguruan tinggi. Ia mencontohkan jika dijajaran Kepolisian ada mobil SIM Keliling, maka di LLLDIKTI ada Unit Layanan Terpadu atau ULT.

Di samping terus melakukan peningkatan dalam pelayanan, LLDIKTI Jabar dan Banten juga mendorong perguruan tinggi untuk lebih berani dalam mengoptimalkan program vokasi, yang sesuai dengan minat masyarakat. Salah satu contohnya adalah program D4 Rekayasa Perangkat Lunak, serta Program Akutansi Perbankan yang kini banyak diminati.

Melihat tingginya masyarakat untuk menimba ilmu di program vokasi tersebut, maka Pemerintah masih memberikan ruang untuk mendirikan Perguruan Tinggi Vokasi atau melakukan merger bagi bagi akademi yang sudah tidak stabil untuk berubah menjadi politeknik maupun institut. (Yudi Dirgantara)