Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Pemprov Jabar Gandeng City of Glasgow College

KILASBANDUNGNEWS.COM – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan atau vokasi di Jawa Barat.

Salah satu upaya tersebut yaitu dengan menggandeng City of Glasgow College, Britania Raya untuk mengembangkan pendidikan di bidang kemaritiman.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan letter of intent (LoI) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (18/11/2020) yang langsung disaksikan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins melalui tayangan virtual.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya serius dalam merevitalisasi SMK di Jawa Barat dengan mengembangkan kurikulum untuk menyelaraskan antara industri dengan sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Selama ini, SMK mengalami berbagai persoalan yang kompleks, terutama menyangkut keprofesionalan dari lulusan yang dirasa masih kurang sehingga belum maksimal dalam menjamin masa depan,” ucapnya.

Menurut Gubernur, saat ini banyak lulusan SMK yang terserap di industri namun kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan sarana prasarana yang ada di industri sehingga tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi industri yang selaras dengan bidangnya, bahkan kurang tepat dalam mengoperasikan sarana yang sewajarnya dikuasai.

“Sektor kemaritiman memiliki potensi yang besar dan perlu ditunjang oleh kualitas SDM yang baik. Pengembangan pelabuhan Patimban dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Rebana Metropolitan di Jabar membuka kesempatan besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pengembangan SDM di Jabar,” katanya.

Gubernur menjelaskan, Rebana Metropolitan menjadi kawasan metropolitan ketiga setelah kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung Raya yang diproyeksikan akan menyerap 4,3 juta tenaga kerja.

“Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Jabar sudah mencatat Rebana akan menyerap 4,3 juta lapanga kerja. Kita memerlukanĀ  SDM yang berkualitas untuk menunjang operasionalisasi kawasan tersebut. Sehingga kami memilih bekerjasama dengan City of Glasgow College untuk pengembangan SDM sektor kemaritiman,” tuturnya.

Gubernur menyatakan, dipilihnya City of Glasgow College karena memiliki predikatnya sebagai salah satu sekolah vokasi terbaik dunia, terutama dalam bidang pendidikan kemaritiman.

“Tahun lalu kami langsung berkunjung ke Glasgow, Britania Raya. Kita akan copy sistem vokasional di Glasgow yang sangat canggih dan mudah diadaptasi. Kita akan membuat SMK Maritim untuk mengantisipasi Patimban,” imbuhnya.

Gubernur berharap, dengan kerja sama ini industri maritim Jawa Barat bisa mengadopsi keunggulan institusi pendidikan vokasi terbaik di dunia sehingga memiliki daya saing di industri global.

“Kami berencana membuat politeknik atau sekolah vokasi maritim dan logistik di area Pelabuhan Patimban,” pungkasnya. (Parno)