Kilas Bandung, Selasa (21/8/2018)

KilasBandung – Bank Indonesia (BI) memberikan apresiasi terhadap perkembangan perekonomian sektor informal khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tersebar di Indonesia. Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan sektor UMKM ini mampu bertahan dalam kondisi perekonomian global yang sedang turun sehingga mampu menopang dan berkontribusi terhadap peningkatan ekspor. Perry juga menilai, sektor UMKM ini mampu menciptakan lapangan kerja baru yang jumlahnya cukup tinggi sehingga mampu mengurangi pengangguran.

Dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018, Pemkot Bandung mengibarkan 44 bendera negara-negara peserta di tiang bendera gedung Merdeka. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, meski Kota Bandung bukan sebagai tuan rumah Asian Games, sebagai bagian dari NKRI sudah menjadi kewajiban untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games tersebut.

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kota Bandung adalah akibat pelanggaran oleh pengemudi kendaraan. Kasubdit Dikyasa Polrestabes Bandung, Aiptu Jaja Sudija menuturkan, pelanggaran yang kerap dilakukan antara lain tidak pemotor menggunakan helm, melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil, menggunakan handpone saat berkendaraan, serta menyalahgunakan sirine dan lampu strobo. Untuk menekan angka kecelakaan, Satlantas Polrestabes Bandung telah melakukan berbagai cara, termasuk sanksi tilang bagi pelanggar lalu lintas.

Olahraga panjat tebing saat ini terus tumbuh dan berkembang seiring dengan meningkatnya minat masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja. Kepala Bidang Panjat Tebing Alam Federasi Panjat Tebing Indonesia, Mamay Salim mengatakan, tingginya minat tersebut terlihat dari banyaknya peserta dalam setiap kejuaraan yang diselenggarakan. Kondisi ini terjadi karena pembinaan dari Pengurus Daerah, komunitas maupun perusahaan melalui berbagai kejuaraan.

Pasanggiri pawayangan atau binojakrama padalangan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019 akan digelar di kota Bandung. Kepala Seksi Pengembangan Produk Budaya dan Kesenian, pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Titin Kuswiatin, Kota Bandung menjadi tuan rumah binojakrama padalangan karena tahun sebelumnya Kota Bandung menjadi juara. Peraih juara harus menjadi tuan rumah pada binojakrama padalangan tahun berikutnya.***