Kilas Bandung, Rabu (26/9/2018)

KilasBandung – Proses Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sudah dimulai sejak Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan nomor pasangan. Sejumlah kepala daerah mulai dari wali kota, bupati hingga gubernur mulai menyatakan diri mendukung salah satu pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan masih menunggu perintah dari partai dalam menentukan dukungannya.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan adalah dengan membangun areal perparkiran di setiap batas kota Bandung bagi para wisatawan, pengunjung, dan pegawai yang hendak masuk ke Kota Bandung. Menurut Yana, para pengguna bisa memarkirkan kendaraan pribadinya di batas kota dan masuk ke wilayah Kota Bandung menggunakan transportasi umum yang akan diperbanyak dan dibuat lebih nyaman. Dengan begitu diharapkan volume kendaraan di kota Bandung menjadi berkurang dan mengurangi kemacetan.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat mencatat jumlah Kampung KB di Jabar saat ini sudah mencapai 1.335 desa atau melebihi dari 100 persen. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sukaryo Teguh Santoso mengatakan, meski jumlah jumlah Kampung KB sudah melebihi target, baru sekitar 7 persen yang sudah mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah desa. Teguh berharap, di anggaran tahun 2019 mendatang, sudah banyak desa yang menganggarkan untuk program Kampung KB karenanya BKKBN akan terus menyakinkan kepada pemerintah desa bahwa program ini menjadi program prioritas.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial optimis masalah limbah di kota Bandung dapat tertangani dalam waktu 5 tahun ke depan seiring terpilihnya Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jawa Barat. Dengan adanya Emil menjadi orang nomor satu di Jabar, Oded yakin program-program di Kota Bandung akan mengalami percepatan. Oleh karena itu Oded berniat untuk selalu berkoordinasi dengan Gubernur dalam permasalahan Kota Bandung.

Luka mendalam masih membekas pasca insiden berdarah yang terjadi di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa hari lalu yang menewaskan Haringga Sirla sebelum pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengucapkan turut berbela sungkawa atas insiden tersebut juga meminta kepada para Bobotoh untuk bersikap lebih dewasa dengan menghentikan perseteruan tersebut. Pasalnya, olahraga sepak bola tersebut seharusnya menghadirkan suasana gembira dan keceriaan dan bukan menghadirkan suasana duka.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesak PT Persib Bandung Bermartabat untuk terus melakukan pembinaan terhadap para suporter Persib Bandung, atau yang lebih dikenal dengan nama Bobotoh.***