Kilas Bandung, Kamis (17/1/2019)

KilasBandung – Sistem Seleksi Kepala Sekolah Profesional (Sikasep) Kota Bandung memasuki tahap akhir. Dari 580 orang peserta, terpilih 77 orang sebagai calon kepala sekolah tingkat TK, SD, dan SMP yang akan menjalani tes substansi dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS).

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku tidak kecewa Kota Bandung gagal meraih penghargaan Adipura tahun 2018. Meski gagal meraih adipura, menurut Oded, yang  penting adalah semangat menjadikan Kota Bandung lebih bersih.

Meski dinilai belum optimal, DPRD Kota Bandung mengapresiasi berbagai langkah dan inovasi dalam Program 100 hari pertama kepemimpinan Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Sekretaris Komisi B DPRD Kota Bandung Hasan Fauzi mengatakan terobosan yang cukup menonjol adalah program Kangpisman.

Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di kota Bandung bakal terus diperluas sesuai dengan rekomendasi lembaga lingkungan dunia. Organisasi dunia International Union Against Tuberculosis and Lung Disease (The Union) menilai pelaksanaan KTR di Kota Bandung sudah sesuai.

Dalam kurun waktu satu tahun pelaksanaan program Citarum Harum, Polda Jabar sudah menangani 58 laporan pelanggaran lingkungan. Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan di tahun 2019 ini pemerintah pusat mengucurkan dana hingga Rp3 milyar khusus untuk menangani kasus pelanggaran lingkungan Citarum.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat mencatat angka kemiskinan di Jawa Barat terhitung bulan September 2018, turun menjadi 7,25 persen atau sekitar 3,54 juta penduduk miskin dari 48 juta total penduduk di Jawa Barat. Kepala BPS Provinsi Jawa Barat, Dody Herlando mengatakan penurunan angka kemiskinan lebih cepat terjadi di pedesaan daripada perkotaan.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.