KA Lintas Cibatu – Garut Mulai Beroperasi secara Terbatas

KILASBANDUNGNEWS.COM – Antusiasme warga masyarakat di sekitar Kabupaten Garut terhadap rencana dioperasikannya kembali perjalanan KA di lintas Cibatu – Garut, sangat besar. Melihat hal tersebut maka pada Kamis (24/2/2022) warga Garut dan sekitarnya bisa ikut merasakan perjalanan KA di lintas Cibatu-Garut,  yang dapat digunakan secara gratis bagi warga melalui sistem undangan terbatas.

Menurut Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung Kuswardoyo, perjalanan uji coba gratis ini merupakan inisiasi dan permintaan dari Pemkab Garut, setelah dilakukan perhitungan atas beberapa hal teknis yang ada, sehingga akhirnya diputuskan KAI akan mengoperasikan perjalanan KA uji coba.

“Kebijakan uji coba bagi warga masyarakat melalui undangan terbatas ini kami ambil terkait dengan adanya pembatasan penumpang pada masa pandemi dan menghindariterjadinya penyebaran covid 19,” ucap Kuswardoyo, Kamis (24/2/2022).

Kuswardoyo mengatakan, perjalanan uji coba gratis  akan menggunakan rangkaian yang terdiri dari  7 K3 dan 1 KMP3 yang nantinya akan digunakan untuk melayani perjalanan dari Garut ke Pasar Senen PP.

“Perjalanan KA dari Garut-Cibatu (pp) ini adalah perjalanan uji coba bukan launching pengoperasian KA, dimana pada Minggu ini akan dilaksanakan pada hariKamis (24/2). Perjalanan uji coba selanjutnya akan kami informasikan setelah ada evaluasi terkait perjalanan uji coba esok hari,” ujar  Kuswardoyo

“Perjalanan kembali KA di lintas Cibatu -Garut yang pernah beroperasi daritahun 1889-1983, menjadi moment yang sangat dinanti oleh warga Garut khususnya,” imbuhnya.

Bagi  para pengguna KA pada masa uji coba tersebut,  tetap diharuskan menyertakan bukti vaksin minimal tahap pertama bagi yang berusia di atas 12 tahun dan syarat tersebut tidak berlaku bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

“Sementara itu terkait rencana pengoperasian lintas Cibatu–Garut secara resmi, sampai saat ini PT KAI masih menunggu izin operasi yang masih terus berproses,” ujarnya.

Kuswardoyo juga  meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing terkait adanya penawaran kerja di stasiun Garut dan sekitarnya. Saat ini KAI  tidak melakukan rekrutmen pegawai khusus untuk penempatan di wilayah  Garut.

“Kami tidak pernah menugaskan pegawai kami untuk melakukan rekrutmen secara door to door, atau melalui program perekrutanlainnya, semua rekrutmen hanya melalui website kai:  recruitment.kai.id” ucapnya.

Adapun jadwal perjalanan uji coba pada Kamis, 24 Februari 2022 sebagai berikut :

No Klb D2/ 11105 Berangkat Garut 09.00 Sampai Cibatu 09.47
No. Klb D2/11152 Berangkat Cibatu 10.15 Sampai Garut 11.02
No Klb D2/11107 Berangkat Garut 11.30 Sampai Cibatu 12.17
No Klb D2//11154 Berangkat Cibatu 12.45 Sampai Garut 13.32

(Parno)