Jokowi Targetkan Bangun Tol Penghubung Ibu Kota Baru pada 2020

KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan akan membangun jalan tol yang menghubungkan ibu kota baru pada 2020 mendatang.

Sebelumnya, Kepala Negara meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda untuk seksi 2,3,4 sepanjang 58,7 kilometer. Rencananya, jalan tol ini akan terhubung dengan tol ibu kota baru.

“Tahun depan, studi langsung dikerjakan,” kata Jokowi di Gerbang Tol Samboja, Kutai Kartanegara, Kaltim, seperti dilansir Okezone, Selasa (17/12/2019.

Jokowi memastikan telah merencanakan semua kebutuhan untuk ibu kota baru yang berada di sebagian Penjam Paser Utara dan Kutai Kartanegara ktersebut mulai dari pasokan listrik, air, hingga lingkungannya.

“Perencanaan itu sudah ada semua jadi kita membangun sebuah gagasan besar itu, hitung air sudah, hitung listriknya berapa semua sudah dihitung,” imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga ingin pembangunan ibu kota negara baru tersebut tetap memperhatikan lingkungan lantaran ibu kota baru nantinya akan dibangun dengan kosep kota hijau dan smart city.

“Oleh sebab itu yang pertamba dibangun itu adalah kebun bibit, nursery seluas kurang lebih 100 hektare memuat jutaan bibit di situ. Artinya kita ingin memperbaiki lingkungan yang ada di sekitar ibu kota negara,” pungkasnya.***