Gelar Mudik Asyik Bersama BUMN, PT Pegadaian Lepas Ratusan Pemudik Dari Bandung ke Sejumlah Kota di Jateng, Jatim dan Palembang

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT Pegadaian kembali menghadirkan program mudik gratis bertajuk Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Program ini dilaksanakan di kantor wilayah Pegadaian seluruh Indonesia.

Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi nasabah PT Pegadaian maupun masyarakat luas yang hendak mudik pada momen lebaran tahun ini secara gratis.

“Bagaimana kita bisa memberikan manfaat secara luas bagi masyarakat.

Untuk diwilayah Bandung, PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat hari ini Jumat (5/4/2024), bertempat di kantor, Jalan Pungkur Kota Bandung, juga melepas sekitar 201 orang dengan 6 unit bus dengan berbagai tujuan baik di pulau Jawa seperti Yogyakarta, Surabaya maupun Sumatera ke Palembang.

“Peserta mudik merupakan warga masyarakat yang tinggal di sekitar kantor serta para pelanggan/ nasabah Pegadaian,” ucap Maryono.

Para pemudik tersebut antusias mengikuti program mudik asik tersebut. Sejak pagi mereka telah berkumpul di kantor Pegadaian bersama sanak keluarganya.

Maryono mengatakan, mudik gratis ini adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian BUMN. Pegadaian sendiri merupakan bagian dari BUMN sehingga turut berperan aktif dalam penyelenggaraan Mudik Asik BUMN 2024.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, terdapat peningkatan baik dari jumlah peserta maupun jumlah kendaraan. Dia berharap, kedepan akan semakin banyak warga yang bisa diberangkatkan oleh Pegadaian Jawa Barat.

Untuk memberikan pelayanan maksimal, para peserta mudik diberikan konsumsi selama di perjalanan serta pendamping di tiap bus, yang bertugas memastikan pemudik sampai ke tempat tujuan dengan aman dan selamat.

Diakuinya, program Mudik Asik Bersama BUMN Pegadaian adalah salah satu program tanggungjawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pegadaian. Dana program tersebut bersumber dari sebagian keuntungan perusahaan.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada lingkungan dan nasabah setia Pegadaian,” ujarnya.

Maryono berharap, program mudik bersama Pegadaian ini dapat mengurangi kemacetan. Mereka yang mudik menggunakan bus juga lebih aman serta diberangkatkan lebih awal menghindari contra flow di Cikampek dan titik kemacetan lainnya.

Perlu diketahui, ada 88 BUMN dan anak usaha berpartisipasi menyediakan mudik gratis bagi masyarakat yang dimotori PT Jasa Raharja dan Forum TJSL BUMN.

Lebih dari 94.753 pemudik terbagi ke dalam tiga moda transportasi, yaitu 1.536 unit bus untuk 70.179 penumpang bus, 60 unit kereta api untuk 19.122 penumpang kereta dan 30 unit kapal laut untuk 5.452 penumpang kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. (Parno)