Dansektor 17: TPS3R Solusi Atasi Pengelolaan Sampah Sungai Citarum

KILASBANDUNGNEWS.COM – Tempat Pengolahan Sampah – Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) merupakan salah satu solusi dalam mengoptimalkan program Citarum Harum dalam penanganan sampah.

Hal tersebut dikemukakan Dansektor 17 Citarum Harum Kolonel Arh Tri Sugiyanto, usai melaksanakan pengecekan T TPS3R di wilayah Dusun Cigembol Kp. Cigembol, RT 003 RW 02, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang.

Tri Sugiyanto berharap, dengan adanya bantuan pembangunan TPS3R ini bisa mengurangi permasalahan sampah yang saat ini sangat kompleks.

“Apabila sampah rumah tangga bisa selesai sampai di TPS3R ini, maka hal ini bisa dijadikan suatu terobosan baru, bisa dijadikan tempat pembuangan akhir sampah. sehingga permasalahan sampah di dusun ataupun Desa bisa diselesaikan di intern Desa itu sendiri tidak menimbulkan dampak ke wilayah lain,” tuturnya.

Kepala Dusun Cigempol Adang menyatakan, kehadiran TPS3R di Dusun Cigembol yang berdiri diatas tanah seluas 500m2 serta luas bangunan 200m2 yang berukuran 10 x 20 m tersebut, merupakan salah satu solusi dalam mengoptimalkan program Citarum Harum dalam penanganan sampah.

“Kami mendukung sepenuhnya adanya bangunan TPS3R tersebut, bahkan masyarakat Dusun Cigembol memberikan support membantu biaya operasional pengelolaan sampah di TPS3R tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ana selaku pengelola TPS3R mengaku bahwa dengan adanya mesin pencacah dan pemilah hasil swadaya ini dapat menambah penghasilan, pasalnya alat ini menghasilkan lebih banyak sampah yang bernilai ekonomis.

“Walaupun demikian dirinya dalam pengelolaan sampah tersebut masih terkendala dengan minimnya armada untuk mengangkut sampah dari tiap-tiap dusun, sehingga pengumpulan sampah belum maksimal,” tuturnya.

Peralatan operasional yang digunakan TPS3R diperoleh dari DLHK Kab. Karawang. Saat ini ada 3 unit mesin pencacah sampah, yaitu mesin pencacah plastik, pencacah sampah organik basah dan pencacah rumput, masing-masing 1 unit. Selain itu juga pengelola TPS3R mendapat bantuan 2 unit becak motor dari DLHK dan CSR PT Nestle Indonesia. (Parno)