SPAM Gedebage Sudah Uji Coba Alir

KILASBANDUNGNEWS.COM – Warga Bandung Timur atau Spam Gedebage sumringah, pasalnya kini air bersih dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtawening Kota Bandung sudah mengalir kendati itu baru uji alir sekitar satu bulanan.

“Spam Gedebage sudah mulai kita alirkan beberapa warga yang kita lihat bahwa airnya sudah mengalir tentunya karena ini pembangunan dengan perpipaan baru dengan panjang ribuan kilometer totalnya,” ujar Dirut Perumda Tirtawening Sonny Salimi.

Di dalam pipa ada beberapa material yang tersangkut ataupun terjebak sehingga di pengaliran pertama ke pelanggan masih dimungkinkan sampai sebulan ke depan itu bisa jernih atau ada keruh.

 

 

 

 

 

 

“Tapi tadi kita ada sampel beberapa yang lain sudah jernih ya mudah-mudahan ini sebagai kado dari Perumda Tirtawening Kota Bandung kepada masyarakat khususnya di spam, bahwa yang kita coba sosialisasikan kita coba publikasikan sejak 2020. Alhamdulillah Allah sudah memberikan kuasanya sehingga air sudah bisa dialirkan tetapi tentunya,” ucapnya.

Kata Sonny karena instalasi baru masih banyak kemungkinan gangguan terjadi sehingga  butuh pemahaman masyarakat agar bisa segera dilaporkan. Kapasitas produksi air tersebut tercatat 700 liter per detik.

“56.000 pelanggan Yang harus kita layani, nah sementara ini yang terdaftar di kami baru sekitar 3000-an ya masih jauh. Nah mungkin dengan publikasi ini, dan sudah melihat beberapa titik warga sudah menikmati air yang kita alirkan ini menjadi branchmark, menjadi contoh warga yang lain untuk terprovokasi ikut menyambung air,” paparnya.

Dengan menyambung air melalui Perumda atau melalui air VPN, kata Sonny banyak keuntungan yang akan didapat karena menggunakan air yang bisa diolah dan  miliki spek sesuai standar sehingga dipastikan sesuai dengan permen PS2 tahun 2003. Aman dikonsumsi dan yang paling penting menjaga lingkungan sehingga akses air tanah oleh masyarakat warga Kota Bandung bisa segera dihentikan supaya ke depan tidak terjadi penurunan muka tanah yang terus-menerus di lingkungan Bandung.

Perumda memahami aliran pertama, pasti sedikit terganggu kualitasnya. Oleh karenanya sedang mengevaluasi.

“Kita berikan hadiah ya, mungkin satu atau dua atau lima. Pertama itu digratiskan karena ini untuk menguras air mungkin nanti kita sudah akan publikasikan beberapa kubik pertama yang akan kita gratiskan, sebagai upaya bahwa itu adalah merupakan proses flashing atau pembersihan pipa 56.000 dan sekarang masih 3.000,” ucapnya.

Hambatan perbanyak pelanggan di SPAM Gedebage kata Sonny adalah dari masa lalu. Diakui masa lalu pelayanan buruk, itu dikirim karena memang kebutuhan.

“Tetapi untuk paham dengan berbagai ini kita sudah sampaikan kepada warga bahwa ini khusus untuk daerah spam pribadi tidak lagi terkoneksi dengan daerah lain sehingga 700 liter per detik itu secara teori tunggal,” tutupnya. (EVY)