Cegah Covid-19, PD Pasar Bermartabat Sediakan Tempat Cuci Tangan di Pasar Tradisional

Sarana wastafel tempat cuci tangan. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dalam upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19, Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung bakal menyediakan tempat cuci tangan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Bandung. Selain menyediakan tempat cuci tangan, PD Pasar Bermartabat juga melakukan penyemprotan di area pasar dan menyediakan hand sanitizer.

“Kami berusaha memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli,” kata Direktur Utama PD Pasar Bermartabat, Herry Hermawan, belum lama ini.

Herry mengatakan, di Kota Bandung ada 27 pasar tradisional yang berada di bawah pengelolaan PD Pasar Bermartabat. Untuk tahap pertama, penyediaan tempat cuci tangan akan dilakukan di 20 pasar tradisional.

Penyediaan tempat cuci tangan di pasar tradisional ini, selain disediakan mandiri oleh PD Pasar Bermartabat, juga dibantu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Pertamina.

Herry meminta kepada pedagang dan pembeli untuk memanfaatkan fasilitas ini seoptimal mungkin. “Kami mengimbau kepada setiap pedagang bisa menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dan juga menutup saluran pernafasan menggunakan masker,” katanya.

Herry juga mengimbau kepada para pedagang untuk lebih peka meperhatikan kondisi kesehatan tubuhnya. Apabila kurang sehat, para pedagang lebih baik tidak memaksakan berjualan untuk sementara waktu.

“Kemudian kami juga mengimbau kepada pedagang yang sudah batuk-batuk, sesak nafas atau demam tinggi sebaiknya tidak datang ke pasar untuk berdagang. Sebaiknya tetap beristirahat di rumah dan juga menjaga kesehatan untuk keluarga,” ujarnya. (rls)