27 Tenaga Medis Terpapar Covid-19, Puskesmas Kota Bandung Tetap Buka

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum. (Foto: Istimewa)

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sebanyak 27 orang petugas medis terkonfirmasi positif covid-19 usai dilakukan rapid tes dan swab. Mayoritas tenaga medis bertugas di Puskesmas di Kota Bandung.

“Yang terpapar ada 27 orang dari tujuh puskesmas,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Selasa (9/6/2020).

Oded menuturkan data tersebut hasil dari pemeriksaan terhadap 1.046 petugas medis dari target 2.629 orang. Mereka yang terpapar, telah dilakukan isolasi di salah satu tempat khusus untuk tenaga medis dan aparatur sipil negara (ASN) yang positif covid-19.

“Sudah dibawa untuk diisolasi dan saat ini juga kita terus lakukan tes terhadap tenaga kesehatan lainnya,” jelas Oded.

Meski begitu Oded memastikan layanan kesehatan di Puskesmas saat ini tetap berjalan.

“Puskesmas tetap buka namun diatur waktunya. Termasuk pembagian jam kerja petugas agar tetap bisa terjaga,” ungkap dia.

Oded mengimbau masyarakat untuk tidak panik berlebihan menanggapi tenaga kesehatan yang terpapar corona. Ia meminta, warga yang merasa kontak dengan para tenaga kesehatan untuk ikut serta melakukan rapid tes.

“Saya imbau warga yang pernah datang atau kontak di Puskesmas Ibrahim Adjie, Puskesmas Mochamad Ramdan, Puskesmas Cipadung, Puskesmas Kopo, Puskesmas Sukarasa, dan satu lagi saya lupa, untuk segera melakukan tes, tapi tetap tenang jangan panik,” ujar dia. (EVY)