Atasi Persoalan Banjir, Kota Bandung Bakal Bangun Banyak Kolam Retensi

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan untuk mengatasi persoalan banjir, Kota Bandung membutuhkan kolam retensi sebanyak-banyaknya. Dengan banyaknya kolam retensi yang dibangun diyakini bisa menampung luapan air yang sering kali merendam permukiman warga.

“Filosofinya waktu saya masih jadi wakil wali kota, kita berdiskusi dengan para pakar soal banjir di kota Bandung. Waktu itu disampaikan filosofinya terkait dengan penampung air khususnya di Gedebage, dibutuhkan sebanyak-banyaknya kolam retensi,” kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Rabu (4/11/2020).

Menurut Oded, Kota Bandung merupakan daerah cekungan dengan pusat cekungan berada di wilayah Gedebage sehingga dibutuhkan danau kecil maupun besar untuk menampung air. Oleh karena itu ia menyatakan akan terus membuat kolam retensi sebagai solusi masalah banjir di Kota Bandung.

“Tentu saja dengan filosofi seperti itu diharapkan hadirnya danau gede itu (kolam terapung) bisa menampung,” jelasnya.

Oded mengatakan Kota Bandung sangat efektif jika memperbanyak kolam retensi termasuk dipinggir kali seperti di Citepus Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo.

“Di Pagarsih juga ada kan efektif itu. Saya minta juga DPU inventarisir yang bisa dipakai kolam retensi, contoh Citepus itu air diatur disitu masuk dulu lalu tutup. Saya belum dapat informasi akan membuat kolam dimana lagi tapi saya minta sebanyak-banyaknya karena sudah terbukti,” tegasnya.

Saat ini kolam retensi di Kota Bandung ada di kawasan Bima, Arjuna, Sirnaraga, Rancabolang dan Gedebage. (EVY)