Berkunjung ke Rumah Usia 100 Tahun Rancangan Bung Karno di Kebon Kalapa Bandung, Yana Mulyana Dibuat Takjub

KILASBANDUNGNEWS.COM – Wali Kota Bandung Yana Mulyana berkunjung ke salah satu rumah hasil rancangan Ir. Soekarno atau kerap disapa Bung Karno yang sudah berusia hampir 100 tahun.

Yana Mulyana dibuat takjub lantaran meski sudah berusia hampir 1 abad, rumah yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika nomor 107 atau tepatnya di belakang Terminal Kebon Kalapa Kota Bandung (tak jauh dari Mall ITC) itu masih berdiri kokoh.

“Rumah ini didesain oleh Bung Karno saat beliau masih kuliah di ITB (beliau belum lulus),” tulis Yana Mulyana di akun Instagram-nya @kangyanamulyana pada Selasa, 17 Mei 2022.

Lewat unggahan beberapa foto kondisi interior dan eksterior rumah bersejarah tersebut, Yana seolah ingin menceritakan bahwa rumah tersebut bergaya bangunan khas Belanda. Langit-langit rumah berdesain tinggi, sehingga menyuguhkan suasana sejuk di dalam ruangan.

Ditambah di bagian halaman depan dan belakang rumah tampak asri dengan kehadiran sejumlah tanaman hijau menyejukkan mata.

Yana lanjut mengungkap bahwa rumah tersebut menjadi salah satu cagar budaya di Kota Bandung yang masih mempertahankan interior ruangan aslinya dan belum pernah diganti sejak awal didirikan.

“Sehingga saat masuk ke dalam, suasana vintage sangat kental terasa di setiap sudut ruangan,” ungkapnya

Ia mengakui, meskipun secara pondasi bangunan terlihat kokoh dan suasana eksterior terlihat asri, perlu ada beberapa perbaikan dari rumah ini. Tampak ada dinding di sudut atas ruangan mulai retak.

“Bagian langit-langit dan dinding memerlukan sedikit sentuhan perbaikan,” tuturnya.

Yana berharap, masyarakat Kota Bandung khususnya bisa bersama-sama merawat keberadaan bangunan bersejarah sehingga tetap lestari sebagai cagar budaya ke depannya.

“Untuk itu, saya mengajak segenap wargi Bandung agar senantiasa bersama melestarikan bangunan-bangunan bernilai sejarah di Kota Bandung, sehingga keberadaannya sebagai cagar budaya benar-benar terjaga dan dapat terawat dengan baik,” pungkasnya. ( sumber : prfmnews.com )