Tiga Muhasabah Agar Ramadan Lebih Bermakna

Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded pada acara Safari Senyum Ramadan di Masjid Jami Garuda, Kecamatan Andir, Rabu (15/5/2019).

Bandung – Ramadan merupakan saat yang tepat bagi setiap muslim untuk muhasabah atau berintrospeksi diri. Introspeksi diri penting untuk meningkatkan ibadah yang menjadi bekal di akhirat kelak.

“Selama hidup, kita harus evaluasi diri mulai dari ibadah sampai hal lainnya,” kata Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded pada acara Safari Senyum Ramadan di Masjid Jami Garuda, Kecamatan Andir, Rabu (15/5/2019).

Umi Oded sapaan akrabnya mengatakan, ada tiga hal agar manusia selalu mengevaluasi dirinya dalam ibadah.

Pertama evaluasi ibadah dari segi kualitas dan kuantitasnya. Menurutnya, kuantitas dan kualitas ibadah seseorang harus terus ditingkatkan. Keduanya penting untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

“Demi dekat dengan Allah, di bulan Ramadan ini harus meningkatkan ibadah salat. Baik salat sunah maupun wajib,” kata Umi.

Kedua, memahami Alquran. Alquran menjadi pedoman umat Islam untuk menjalankan hidupnya.

Terakhir, yaitu evaluasi dalam berdoa.

“Tentu umat Islam harus memahami ini. Alquran dibaca itu diresapi, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan,” kata Umi.

“Ketiga hal itu cukup penting. Kita evaluasi saja diri ini apalagi di bulan ramadan menjadi waktu yang pas,” lanjutnya.

Pada Rabu (15/5/2019), Safari Senyum Ramadan menyambangi Masjid Besar Al Fitroh Kecamatan Bandung Kulon, Masjid Jami Garuda Kecamatan Andir dan Masjid Jami Al Iqro Kecamatan Astana Anyar.***