Sambut 133 Tahun, Bio Farma Luncurkan Vaksin NusaGard

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bio Farma, induk holding BUMN Farmasi merayakan hari jadi ke 133 tahun pada tanggal 6 Agustus 2023 dengan tema “Delivering Excellence”. Pada pertambahan usia ini, Bio Farma menambah milestone produk baru yaitu dengan meluncurkan vaksin NusaGard (02/08), vaksin untuk mencegah virus Human Papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks.

Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya menyampaikan bahwa produk baru berupa Vaksin NusaGard untuk mendukung program imunisasi nasional.

“Pada tahun ini pemerintah mulai melakukan pencegahan kanker serviks yang telah menjadi program imunisasi nasional,” ucap Shadiq, Minggu (6/8/2023).

Menurut Shadiq, setiap program imunisasi nasional yang dicanangankan pada dasarnya merupakan upaya pencegahan untuk melindungi bangsa. Bio Farma akan terus berkomitmen memenuhi kebutuhan vaksin program pemerintah. Saat ini kami juga telah mendukung progam vaksin nasional, ada 13 vaksin.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah, BPOM, dan segenap stakeholder yang telah mendukung sehingga penyediaan vaksin untuk kanker serviks ini berjalan dengan baik.” ungkap Shadiq.

Shadiq berkeyakinan bahwa dengan kerja keras Bersama, Bio Farma dapat mendukung target eliminasi kanker serviks pada 2030.

“Bio Farma merupakan mitra strategis pemerintah. Kita punya target, pada 2030 eliminasi kanker serviks dan saya yakin dengan kerja keras kita bersama, kita pasti bisa menekan kejadian kanker serviks di Indonesia melalui vaksinasi dan deteksi dini kanker serviks.” ujarnya

Bio Farma juga telah memiliki diagnostik kit bernama CerviScan. Inovasi karya anak bangsa ini merupakan alat pendeteksi dini terhadap infeksi HPV yang menjadi penyebab kanker serviks hanya melalui urine.

“Saat ini masyarakat bisa mendapatkan fasilitas CerviScan di 54 laboratorium yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia” tambahnya.

Wakil Direktur Utama Bio Farma, Soleh Ayubi menyampaikan bahwa dengan bertambahnya usia perusahaan, seluruh karyawan perusahan harus senantiasa bersyukur dengan “delivering excellence”.

“Kami memiliki komitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat melalui produk – produk untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Soleh.

Oleh karena itu pihaknya mendorong seluruh karyawan Bio Farma untuk delivering excellence dengan lebih bekerja keras, semangat dan disiplin. (Parno)