Persiapkan Warisan, Prudential Syariah Hadirkan PRUAnugerah Syariah

KILASBANDUNGNEWS.COM – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) telah meluncurkan PRUAnugerah Syariah, produk baru asuransi jiwa Syariah tradisional dengan perlindungan jiwa seumur hidup sebagai bentuk warisan bermakna bagi keluarga tercinta.

Paul S. Kartono, Chief Financial Officer Prudential Syariah mengatakan, produk ini merupakan inovasi pertama di industri dari Prudential Syariah sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa Syariah yang menyediakan manfaat dana usia mapan dan dibayarkan sekaligus saat peserta mencapai usia tertentu.

”Asuransi jiwa Syariah merupakan salah satu instrumen keuangan yang dapat digunakan sebagai persiapan warisan. Melalui PRUAnugerah Syariah, peserta mendapatkan Santunan Asuransi
hingga 150% sejak awal kepesertaan,” ucap Paul.

“Produk ini juga menawarkan Dana Usia Mapan hingga 100% dari total kontribusi yang dibayarkan oleh peserta. Inovasi ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan kebutuhan finansial jangka panjang, demi membantu keluarga Indonesia meraih yang terbaik dalam kehidupan,” imbuhnya.

Peluncuran produk PRUAnugerah Syariah sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang sebagian besar masih belum memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Hasil survei Financial Health Index 20221 menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia belum memulai perencanaan keuangan pada usia 35 tahun dan baru memulai perencanaan pensiun di usia 41 tahun. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2021-2025 juga menunjukkan hanya 5,25% dari responden yang yakin mampu mengelola keuangannya setelah masa pensiun.

Data lainnya menunjukkan, khususnya di Jawa Barat, masyarakat belum memiliki kemampuan pengelolaan yang baik dalam mengelola atau mempersiapkan dana darurat. Menurut laporan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia 2021 – 2025, masyarakat Jawa Barat cenderung menempatkan dana pensiun sebagai preferensi produk dan layanan jasa keuangan yang paling akhir3.

Pentingnya perencanaan keuangan jangka panjang yang baik juga didukung oleh data dari Survey of Adult Financial Literacy 2020 yang menunjukkan hanya 9% masyarakat Indonesia yang bisa bertahan lebih dari enam bulan jika kehilangan pendapatan, sementara 46% hanya memiliki 1 minggu untuk bertahan hidup.

Peluncuran PRUAnugerah Syariah akan menjadi solusi komprehensif yang dapat membantu masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan tujuan keuangan jangka panjang sesuai kebutuhan bagi keluarga, seperti dana warisan maupun dana pensiun. Hanya dengan kontribusi mulai dari Rp500 ribu per bulan, produk ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas.

8 Anugerah dari PRUAnugerah Syariah antara lain: Manfaat Dana Usia Mapan yang diproyeksikan hingga 100% dari total Kontribusi yang telah dibayarkan oleh peserta, Santunan Asuransi hingga 150% sejak awal kepesertaan, Perlindungan seumur hidup (hingga 120 tahun) meskipun manfaat dana usia mapan telah dibayarkan, Santunan Meninggal Akibat Kecelakaan hingga 350% jika terjadi kecelakaan dalam Periode Libur Lebaran Idulfitri, Umrah dan Haji, Manfaat Bebas Kontribusi, Fleksibilitas Pilihan Pembayaran Pilihan periode pembayaran 5, 10, atau 15 tahun, Hemat kontribusi hingga 50% dan Tersedia Layanan Wakaf. (Parno)