Pembangunan 144 SMA/SMK Negeri Baru Amanat Undang-Undang

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan fokus membangun SMA/SMK Negeri baru pada 2024 ini. Pembangunan 144 sekolah baru tersebut berdasarkan kajian dari Dinas Pendidikan Jabar dimana masih ada 144 kecamatan belum memiliki sekolah negeri.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan pembangunan ini akan menjadi salah satu fokus pihaknya di 2024 ini. Di Jawa Barat masih banyak daerah yang proporsi jumlah sekolah negerinya masih rendah dan belum ideal. ah satu fokus pihaknya di 2024 ini.

“Pendidikan kan amanat undang-undang. Harus jadi prioritas juga.1 kecamatan 1 SMA atau SMK ini kan masih banyak yang belum,” ucap Bey,, Kamis (11/1/2024).

Bey memastikan kondisi ini harus menjadi perhatian penuh dan ketiadaan sekolah negeri di kecamatan-kecamatan tersebut harus segera dibangun secara bertahap.

“Tentunya masih harus terus dibangun, melakukan pembangunan. Disdik Jabar mencatat dari 620 kecamatan yang ada di Jabar, kurang lebih 20% diantaranya belum memiliki sekolah negeri,” kata Bey.

Sementara itu, Kadisdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, ada 128 kecamatan dari 620 yang ada di Jawa Barat tak punya sekolah SMA/SMK negeri. Namun memiliki sekolah swasta.

“Kemudian ada di 16 kecamatan itu tidak ada sekolah negeri dan sekolah swasta. Jadi jumlah secara keseluruhan menjadi 144 kecamatan,” katanya.

Wahyu mengaku, saat ini Disdik Jawa Barat tengah mengklasifikasi pembangunan gedung sekolah prioritas untuk 144 kecamatan itu. Sebab, dalam satu kecamatan bisa jadi angka kelulusan SMP-MTs kecil.

“Dari 144 itu kita buatkan skala prioritas karena belum tentu lulusan SMP-MTs yang ada di situ, itu jumlahnya besar. Jadi kita buatkan skala prioritas,” jelas Wahyu.

Adapun total 16 kecamatan yang tidak memiliki sama sekali SMA/SMK negeri dan swasta daftarnya sebagai berikut:

  • Kabupaten Ciamis: Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Sukamantri, Kecamatan Tambaksari
  • Kabupaten Garut:Kecamatan Pangatikan
  • Kabupaten Kuningan: Kecamatan Cibeureum, Kecamatan Cilebak, Kecamatan Cimahi, Kecamatan Hantara, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Karangkancana, Kecamatan Nusaherang
  • Kabupaten Purwakarta: Kecamatan Pondok Salam
  • Kabupaten Sumedang: Kecamatan Cisarua, Kecamatan Cisitu, Kecamatan Ganeas, Kecamatan Jatigede (Parno)