Mobil Tak Kunjung Dikirim, Nasabah Geruduk Dealer Minta Refund

KILASBANDUNGNEWS.COM – Sejumlah nasabah menggeruduk sebuah dealer mobil di Jalan Sadakeling, Bandung. Mereka menuntut pengembalian uang pembelian mobil lantaran merasa ditipu.

“Kemarin itu akumulasi dari kemunduran pihak Akumobil yang terus mereka lakukan. Akumobil sudah menjanjikan dari beberapa bulan lalu akan memberikan refund tapi selalu batal,” ucap salah seorang nasabah bernama Zulfikar Hubullah saat dihubungi detikcom, Jumat (1/11/2019).

Zul sapaannya mengatakan dia merasa ditipu oleh Akumobil. Menurut Zul, dia membeli mobil dengan harga murah jauh dari pasaran. Zul ditawari mobil Toyota Agya dengan harga Rp 50 juta dalam sebuah event mobil bertajuk ‘flash sale’ yang digelar Juni 2019 lalu di salahsatu mal di Bandung.

Singkat cerita, Zul membayar mobil tersebut dan dijanjikan mobil akan dikirim satu bulan kemudian. Namun ternyata mobil tak kunjung datang hingga saat ini. Hal itu yang membuat Zul dan ratusan nasabah lain mendatangi dealer Akumobil untuk meminta pengembalian dana.

“Refund itu dijanjikan terus menerus dari beberapa bulan lalu. Minggu kemarin ada surat resmi yang ditanda tangani bahwa tanggal 31 Oktober mau pencairan besar-besaran. Ditunggulah kemarin itu sama konsumen, bukan untuk berdemo. Tapi untuk menunggu pencairan,” katanya.

Namun ditunggu sejak pagi, pencairan itu tak kunjung dilakukan. Pihak Akumobil justru menjanjikan untuk diskusi lagi soal pencairan dana tersebut.

Situasi ini menyebabkan terjadinya keributan pada Kamis (31/10) malam yang videonya beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit itu, terlihat massa berteriak-teriak minta pengembalian dana. Polisi terlihat mengamankan sejumlah orang yang diduga dari Akumobil untuk mencegah amukan massa.

“Ternyata hadir itu bukan pencairan tapi untuk kembali lagi berdiskusi. Massa enggak terima akhirnya chaos lah. Massa rada chaos enggak ada titik temu,” kata dia.***